Polisi Tegaskan CFN Berlaku bagi Pejalan Kaki-Pesepeda: Bukan Car Free Night

Rakha Arlyanto Darmawan - detikNews
Jumat, 31 Des 2021 18:09 WIB
kondisi jembatan kuningan pada malam tahun baru 2021
Ilustrasi (Rifkianto Nugroho/detikcom)
Jakarta -

Polda Metro Jaya menegaskan bahwa penerapan aturan crowd free night (CFN) di 11 lokasi di Jakarta berlaku bagi para pejalan kaki dan pesepeda. Sebab, CFN bukan car free night.

"Itu sebabnya namanya crowd free night, bukan car free night karena pejalan kaki dan pesepeda nggak boleh melintas juga," kata Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo kepada wartawan, Jumat (30/12/2021).

Sambodo mengatakan 11 titik lokasi yang telah diterapkan CFN akan dipastikan sepi. Sejumlah lokasi itu nantinya tidak akan diperkenankan untuk dilewati.

"Kami usaha agar semua kawasan sepi dan tak bisa dilewati, baik oleh pengendara sepeda motor, mobil, sepeda, maupun pejalan kaki," ungkap Sambodo.

Sambodo menyebut para pejalan kaki yang tetap memaksa melintas hanya akan diberi imbauan. Sedangkan para pengemudi kendaraan akan diminta diputar balik.

Dia menyebut, dalam penerapan CFN itu Polda Metro Jaya mengerahkan 1.700 personel. Nantinya, total personel yang akan turut membantu pengamanan CFN berjumlah 4.000 personel dibantu oleh TNI dan Pemprov DKI.

"Pertama kami imbau. Kalau pengendara kami putar balik. 11 kawasan ada 1.700 personel. Keseluruhan malam tahun baru patroli dsb itu ada 4.000 aparat gabungan dari PMJ, TNI, dan Pemprov DKI," jelas Sambodo.

Seperti diketahui, Polda Metro Jaya menegaskan masyarakat DKI Jakarta tidak boleh menggelar kegiatan perayaan malam tahun baru 2022. Selain itu, pemerintah tidak melakukan perayaan malam pergantian tahun secara resmi. Warga dipersilakan merayakan pergantian malam tahun baru di rumah.

"Saya sampaikan bahwa tahun ini tidak ada perayaan tahun baru yang boleh dilakukan. Pemerintah juga tidak melakukan perayaan tahun baru secara resmi dan lebih baik merayakan di rumah masing-masing," ujar Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes E Zulpan kepada wartawan, Jumat (31/12/2021).

CFN bakal dilaksanakan di 11 titik wilayah rawan kerumunan di DKI Jakarta. CFN berlaku mulai 31 Desember 2021 hingga 1 Januari 2022. Berikut sebaran lokasinya:

- Kawasan Asia Afrika
- Kawasan Gunawarman, Senopati, dan SCBD
- Kawasan Mahakam, Bulungan, Barito
- Kawasan Sudirman-Thamrin
- Kawasan Kota Tua
- Kawasan Monas
- Kawasan Kemayoran
- Kawasan Pantai Indah Kapuk 2
- Kawasan Kemang
- Kawasan Banjir Kanal Timur (BKT)
- Kawasan Danau Sunter, Jakarta Utara.

Simak Video 'Crowd Free Night Saat Malam Tahun Baru: Ada 11 Titik-Bar Tutup Pukul 22.00 WIB':

[Gambas:Video 20detik]



(rak/yld)