ADVERTISEMENT

Patung Naga di Bandara YIA Jadi Sorotan, Ini Makna dan Penjelasan Pengelola

Tim detikcom - detikNews
Jumat, 31 Des 2021 17:11 WIB
Patung naga di bandara YIA menjadi perbincangan, banyak pihak yang membicarakan hal tersebut. Apa makna patung naga itu?
Patung Naga di Bandara YIA Jadi Sorotan, Ini Makna dan Penjelasan Pengelola (Foto: Jalu Rahman Dewantara/detikcom)
Jakarta -

Patung naga di bandara YIA menjadi perbincangan. Banyak pihak yang membicarakan hal tersebut, mulai dari tanggapan positif hingga cuitan yang mempertanyakan bentuk patung itu.

Lalu, seperti apa penampakan patung naga di bandara YIA? Apa makna dan tujuan adanya patung tersebut? Berikut fakta-fakta yang telah dirangkum oleh detikcom.

Patung Naga di Bandara YIA: Warna Hijau Tua dengan Tinggi 2 Meter

Patung naga di bandara YIA, Kulon Progo, Yogyakarta terpampang nyata di pintu keluar terminal kedatangan. Patung itu berwarna hijau tua metalik dengan tinggi hampir 2 meter, panjang berkisar 2,5 meter, dan lebar mencapai 1,5 meter.

Posisi tubuh naga itu mengitar seperti ular di atas alas berwarna coklat. Patung tersebut dilengkapi tanduk, gigi runcing dan lidah yang menjulur.

Ada pula kaki dan tangan di tubuh patung tersebut. Di sekeliling patung naga, terdapat beberapa patung kecil berbentuk kapal kuno zaman dahulu.

Patung Naga di Bandara YIA: Makna Berdirinya Patung Tersebut

Pelaksana Tugas Sementara (PTS) General Manager YIA, Agus Pandu Purnama menyebutkan, patung naga itu mulai dipajang di bandara YIA pada hari Kamis (30/12). Patung tersebut diberi judul Patung Naga Jalur Sutra karya seniman Tri Suharyanto.

Pandu mengatakan patung itu menggambarkan kekuatan maritim bangsa timur atau bangsa Indonesia yang dulu mampu menjelajah pelosok bumi. Hal tersebut digambarkan dari adanya patung-patung kecil berbentuk kapal yang berada di sekeliling sosok naga.

"Nah kekuatan itulah yang ingin coba kami tampilkan. Karena dalam dua tahun terakhir ini terus terang kami di aviasi boleh dibilang tidak baik-baik saja dengan adanya pandemi. Nah 2022 kami ingin harap ada kekuatan terlebih naga di sini adalah lambang kekuatan, karena jaman dulu maritim kita sudah bisa menjelajah dunia," kata Pandu saat diwawancarai di kantor Administrasi YIA, Kamis (30/12).

Patung Naga di Bandara YIA: Sorotan dari Politikus Ummat

Politikus Partai Ummat Mustofa Nahrawardaya menyoroti patung naga yang berada di Bandara Yogyakarta International Airport (YIA) Kulon Progo, DIY. Lewat akun Twitternya, @TofaTofa_id, Mustofa mempertanyakan pemilihan naga sebagai wujud patung tersebut.

"Pemandangan baru di Yogyakarta Internasional Airport (YIA) hari ini, Kamis (30/12/2021). Masih gresss...patung naga raksasa di pintu keluar Bandara. Kenapa bukan Patung Garuda atau Patung Pahlawan yg dipasang di sini? Ada temen di Yogyakarta tahu?," tulis Mustofa di akun twitternya.

Pihak detikcom berupaya menghubungi Mustofa terkait postingan tersebut. Namun hingga saat ini, humas Partai Ummat belum memberikan respons.

Patung Naga di Bandara YIA: Tanggapan Otoritas Bandara Terkait Cuitan Mustofa

Patung naga di bandara YIA yang sempat disoroti oleh politikus Partai Ummat Mustofa Nahrawardaya mendapat respon dari otoritas bandara YIA. Pelaksana Tugas Sementara (PTS) General Manager YIA, Agus Pandu Purnama pun angkat bicara.

Pandu menjelaskan patung naga di bandara YIA merupakan salah satu upaya untuk mempercantik bandara. Pihaknya telah bekerja sama dengan seniman dan kolektor seni di Yogyakarta untuk program tersebut.

"Nah terkait dengan patung naga, yang sekarang ada di (terminal) kedatangan, sebelumnya kita lihat bahwa ada kereta kencana dan ini merupakan kolektor pribadi. Lalu diganti gerobak sapi atau pedati karya Nasirun, seniman asal Yogyakarta. Sehingga seluruh yang ditampilkan dalam bandara ini memang kita buat sesuatu yang beda setiap saat, jadi tidak permanen," kata Pandu, Kamis (30/12).

"Pada November lalu, kami juga hadirkan patung-patung pahlawan untuk memperingati hari Pahlawan, jadi ya ini memang tematik," tambahnya.

Informasi lain terkait patung naga di bandara YIA juga dapat disimak di halaman berikutnya.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT