Ternyata Ini Makna Patung Naga Bandara YIA yang Disorot Politikus Partai Ummat

Jalu Rahman Dewantara - detikNews
Kamis, 30 Des 2021 16:32 WIB
Patung naga di Yogyakarta International Airport (YIA) atau Bandara Kulon Progo, DIY, Kamis (30/12/2021).
Patung naga di Yogyakarta International Airport (YIA) atau Bandara Kulon Progo, DIY, Kamis (30/12/2021). (Foto: Jalu Rahman Dewantara/detikcom)
Kulon Progo -

Politikus Partai Ummat Mustofa Nahrawardaya menyoroti keberadaan patung naga yang berada di Bandara Yogyakarta International Airport (YIA), Kulon Progo, DIY. Patung naga ini ternyata memiliki makna mendalam.

Pelaksana Tugas Sementara (PTS) General Manager YIA, Agus Pandu Purnama, mengatakan bahwa patung naga tersebut mulai dipajang di bandara YIA pada hari ini. Patung ini diberi judul Patung Naga Jalur Sutra karya seniman Tri Suharyanto.

Adapun dipasangnya patung naga tersebut bukan tanpa alasan. Pandu menerangkan bahwa patung ini menggambarkan kekuatan maritim bangsa timur atau bangsa Indonesia yang dulu mampu menjelajah pelosok bumi. Itu digambarkan dari adanya patung-patung kecil berbentuk kapal yang berada di sekeliling sosok naga.

"Nah kekuatan itulah yang ingin coba kami tampilkan. Karena dalam dua tahun terakhir ini terus terang kami di aviasi boleh dibilang tidak baik-baik saja dengan adanya pandemi. Nah 2022 kami ingin harap ada kekuatan terlebih naga di sini adalah lambang kekuatan, karena jaman dulu maritim kita sudah bisa menjelajah dunia," ucap Pandu saat ditemui detikcom di kantor Administrasi YIA, Kamis (30/12/2021).

"Barang kali dengan adanya patung ini bisa menginspirasi seluruh masyarakat bahwa kita harus kuat di 2022 dan Yogyakarta khususnya, YIA disiapkan untuk G20 sehingga internasional nantinya bisa direct flight ke Yogyakarta," sambungnya.

Pandu mengatakan 2022 diharapkan bisa jadi momentum kebangkitan masyarakat Indonesia setelah terpuruk imbas pandemi COVID-19. Kebangkitan itu digambarkan lewat patung naga jalur sutera.

"2022 momentum kita bangkit. Saya ingin lewat patung naga ini menjadi momentum kita semua jadi semangat menghadapi masa depan yang positif, dan saya yakin 2022 jadi masa kebangkitan kita," ucapnya.

Patung naga ini berada persis di depan pintu keluar terminal kedatangan YIA. Patung berwarna hijau tua metalik ini memiliki tinggi hampir 2 meter, dengan panjang berkisar 2,5 meter dan lebar mencapai 1,5 meter.

Lihat juga video 'Begini Situasi Bandara YIA Jelang Natal dan Tahun Baru':

[Gambas:Video 20detik]



Selengkapnya di halaman selanjutnya..