Polisi Ungkap Modus Distribusi Ekstasi untuk Tahun Baru: Seolah Paket Lampu

Wildan Noviansah - detikNews
Jumat, 31 Des 2021 15:00 WIB
Sejumlah paket pil ekstasi asal Belanda siap diedarkan pada malam pergantian tahun 2022.
Paket ekstasi dari Belanda untuk perayaan tahun baru. (Dok. Istimewa)
Jakarta -

Polres Jakarta Barat (Jakbar) dan Bea-Cukai Soekarno-Hatta (Soetta) menjelang tahun baru berhasil menggagalkan pendistribusian narkoba jenis sabu seberat 1,3 kg dan 5.005 butir pil ekstasi. Polisi mengungkapkan pendistribusian pil ekstasi disamarkan agar seolah-olah paket berisi lampu.

Polres Jakbar awalnya membeberkan soal distribusi sabu 1,3 kg. Sabu tersebut berasal dari Afrika Selatan (Afsel).

Pendistribusian sabu dari Afsel ini diketahui polisi setelah mendapatkan informasi dari Bea-Cukai, Rabu (8/12/2021) malam. Polisi menerima informasi sebuah paket atas nama Indra, yang dicurigai berisi narkoba. Polisi bersama Bea-Cukai kemudian melakukan pengecekan.

"(Dalam paket tersebut) terdapat sebuah mesin berwarna hitam, yang berisi 6 paket plastik warna hitam berisi sabu berat bruto 1.300 gram (1,3 kg)," kata Kapolres Metro Jakarta Barat Kombes Pol Ady Wibowo dalam jumpa pers di Polres Metro Jakarta Barat, Jumat (31/12).

Selain pendistribusian narkoba jenis sabu, Polres Jakbar dan Bea-Cukai Soetta berhasil menggagalkan pendistribusian 5.005 butir pil ekstasi. Keberhasilan menggagalkan pendistribusian pil ekstasi ini sempat diungkapkan sebelumnya.

"Pengungkapan ekstasi sejumlah 5.005 butir barang ini dari Belanda," ungkap Ady.

Kamuflase pendistribusian pil ekstasi dari Belanda ini berbeda dengan yang pernah terungkap. Menurut Kombes Ady, ribuan pil ekstasi tersebut dimasukkan ke lampu hias.

"Dikamuflase itu bahwa seolah-olah ini adalah paket elektronik atau jenis lampu. Di situ kita menemukan 5.005 butir ekstasi. Kalau kita melihat dari polanya, ini akan dikonsumsi untuk tahun baru," terang Ady.

Simak selengkapnya di halaman berikutnya.

Saksikan Video 'Polisi Gagalkan 44 Kg Sabu untuk Malam Tahun Baru di Surabaya':

[Gambas:Video 20detik]