Kirab Obor Pesonas 2022 Sampai di Kota Mojokerto

Angga Laraspati - detikNews
Jumat, 31 Des 2021 14:08 WIB
Kirab Obor Kompetisi Olahraga Pesonas 2022 Sampai di Kota Mojokerto
Foto: Dok. Pemkot Mojokerto
Jakarta -

Kirab obor api abadi mrapen sebagai pertanda dimulainya Pekan Special Olympics Nasional (Pesonas) 2022, hari ini sampai di Kota Mojokerto. Obor tersebut selanjutnya akan dikirab melewati total 42 Kabupaten/Kota.

Diketahui, obor api abadi ini tiba Rumah Rakyat Kota Mojokert pada kemarin sore. Api obor tersebut diterima langsung oleh Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setda Kota Mojokerto Abdurahman Tuwo dari Wakil Ketua IV Pesonas 2022, Ripana Puntarasa.

Selanjutnya obor tersebut dilepas kembali oleh Wali Kota Mojokerto Ika Puspitasari hari ini. Pada kesempatan ini, Abdurahman Tuwo menyampaikan terima kasih atas kesempatan menjadi salah satu dari empat kabupaten/kota di Jawa Timur yang dilewati kirab Obor Api Pesonas 2022.

"Kami atas nama Pemerintah Kota Mojokerto mengucapkan terimakasih banyak kota Mojokerto diberikan kesempatan untuk dilewati Kirab Obor Pesonas 2022. Semoga Kota Mojokerto bisa bersinergi mensukseskan kegiatan ini" ujar Abdurahman dalam keterangan tertulis, Jumat (31/12/2021).

Lebih lanjut, Abdurahman Tuwo berharap kesempatan ini akan menjadi penyemangat bagi anak-anak berkebutuhan khusus di kota Mojokerto untuk bisa berekspresi baik dalam bidang olahraga maupun seni budaya.

Sementara itu, Ripana Puntarasa berharap prosesi kirab Obor ini bisa membuka ruang bagi insan berkebutuhan khusus dan seluruh penyandang disabilitas khususnya di kota Mojokerto bisa mendapat ruang untuk mengembangkan talenta yang dimiliki.

"Mudah-mudahan harapan kita setelah kita masuk ke kota Mojokerto ini akan ada tindak lanjut, membuka ruang bagi insan berkebutuhan khusus dan seluruh penyandang disabilitas untuk bisa mengembangkan talenta yang dimiliki," ungkapnya.

Diketahui, Pesonas 2022 ini akan ada kompetisi 11 cabang olahraga (cabor) dan beberapa kompetisi seni budaya. Akan ada sekitar 2.500 anak spesial yang berkompetisi pada ajang ini dan dijadwalkan berlangsung 4 hingga 11 Juli 2022 nanti.

Obor Pesonas ini sebelumnya telah berada di Ponorogo yang kemudian bergeser ke kota Mojokerto dan akan berlanjut ke rute berikutnya adalah berkeliling di Jawa Tengah dan berakhir di Semarang yang merupakan tuan rumah Pesonas 2022.

Turut hadir di kesempatan ini, Sekretaris Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DinsosP3A) kota Mojokerto Susilawati dan Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Setda Kota Mojokerto Iwandoko, serta beberapa anak disabilitas dari SLB ACD Pertiwi Kota Mojokerto.

(akd/ega)