Kapolri Tegaskan Komitmen Kawal Strategi Ketahanan Pangan Nasional

Tim detikcom - detikNews
Jumat, 31 Des 2021 13:21 WIB
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo
Foto: Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo (dok. Polri)
Jakarta -

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menyatakan Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah meminta para Gubernur, Bupati, Wali Kota menggali potensi ekspor di wilayah masing-masing, khususnya pada bidang pertanian, perkebunan dan peternakan. Hal itu bertujuan mewujudkan ketahanan pangan dan meningkatkan ekspor komoditas pertanian unggulan RI di pasar internasional.

"Dalam rangka mewujudkan ketahanan pangan, saya kira semua tahu ini bagian dari strategi dan program dari Kementan (Kementerian Pertanian). Tidak hanya ketahanan pangan, tapi bagaimana meningkatkan daya saing komoditas pertanian yang berkelanjutan dengan lima strategi yaitu peningkatan kapasitas produksi, diversifikasi pangan lokal, penguatan cadangan dan sistem logistik pangan. Ini yang harus betul dikawal adalah pengembangan pertanian dan gerakan tiga kali lipat ekspor," kata Sigit dalam sambutannya saat menghadiri Gebyar Ekspor Tutup Tahun 2021 di Sulawesi Selatan (Sulsel), Jumat (31/12/2021).

Acara tersebut juga dihadiri Mentan, Syahrul Yasin Limpo. Sigit mengatakan demi terwujudnya ketahanan pangan, Pemerintah bersama dengan TNI-Polri dan stakeholders terkait mengembangkan food estate berbasis korporasi petani. Food estate menjadi sistem agrobisnis yang kuat di pedesaan dengan berbasis pemberdayaan masyarakat adat ataupun lokal, sesuai dengan kekayaan alam yang kita miliki.

"Itu semua bisa berhasil manakala terjadi sinergitas dan soliditas antara pemangku kepentingan untuk melakukan aksi satu tekad dari hulu sampai hilir dengan seluruh stakeholder dan fungsi Kementerian terkait, serta salah satunya polisi," tutur Sigit.

Mantan Kapolda Banten ini menegaskan 34 polda serta jajarannya telah menerima perintah untuk mendukung dan mengawal seluruh program ketahanan pangan nasional.

"Alhamdulilah Pak Mentan, beliau sampaikan dan saya baru tahu, maksudnya selama ini di setiap beliau keliling daerah beliau selalu menghubungi kami untuk bisa menghubungi para Kapolda dan Kapolres untuk mendampingi beliau. Saya kira ada apa ini, tapi rupanya hari ini terjawab, itu dilakukan dalam rangka mengawal program. Alhamdulilah hasilnya yang tadi sudah disampaikan," ungkap Sigit.

Mantan Kabareskrim Polri ini juga menuturkan kepercayaan mengawal, menjaga dan mendampingi seluruh agenda nasional terkait mewujudkan ketahanan pangan dan meningkatkan ekspor merupakan kehormatan bagi Polri. Dia menekankan jajarannya selalu menyerap aspirasi para petani seperti soal tengkulak, kelangkaan pupuk bersubsidi, mafia yang mengakibatkan berkurangnya tingkat nilai tukar petani.

Simak selengkapnya di halaman berikutnya.

Saksikan Video 'Momen Kapolri-Mentan Teken MoU Perkuat Ketahanan Pangan':

[Gambas:Video 20detik]