Pertamina Geothermal Energy Raih Proper Emas 11 Kali Berturut-turut

Dea Duta Aulia - detikNews
Jumat, 31 Des 2021 11:27 WIB
Pertamina Geothermal Energy Raih Proper Emas 11 Kali Berturut-Turut
Foto: Dok. Pertamina
Jakarta -

Pertamina Geothermal Energy (PGE) kembali raih Program Penilaian Peringkat Kinerja Perusahaan dalam Pengelolaan Lingkungan Hidup (Proper) Emas 2021. PGE Area Kamojang - Jawa Barat berhasil mempertahankan Proper Emas 11 kali berturut-turut mulai dari tahun 2011 sampai dengan 2021.

Diketahui, anugerah Proper merupakan upaya dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) untuk mendorong pengusaha untuk taat terhadap pengelolaan lingkungan. Adapun perusahaan yang mendapatkan kategori emas menunjukkan bawah perseroan telah menjalankan kinerjanya melebihi syarat yang telah ditentukan.

Direktur Utama PGE Ahmad Yuniarto mengatakan penghargaan ini merupakan wujud dari amanah yang terus dipegang oleh PGE untuk memberikan lebih banyak manfaat bagi masyarakat.

"PGE terus menjadi kebanggaan untuk kita, semangat dari para Perwira PGE memberikan yang terbaik untuk perusahaan dalam bentuk komitmen dan kerja keras. Penghargaan ini juga sebagai amanah ke depan untuk memberikan manfaat lebih banyak untuk masyarakat sekitar," kata Ahmad dalam keterangan tertulis, Jumat (31/12/2021).

Ahmad menjelaskan dalam menjalankan roda bisnis PGE, pihaknya selalu berupaya untuk pengembangan panas bumi dan memastikan implementasi Environment, Social, and Governance (ESG) menjadi bagian terintegrasi dari bisnis panas bumi PGE.

"Penerapan aspek-aspek ESG ini merupakan upaya dalam memberikan nilai tambah serta dukungan PGE pada program pemerintah terkait pemanfaatan energi baru terbarukan yang ramah lingkungan khususnya panas bumi," kata Ahmad.

Selain itu, pengembangan penyediaan energi panas bumi yang dilakukan PGE juga wujud dukungan dan komitmen PGE dalam mencapai pembangunan berkelanjutan khususnya goal ke 7 (energi bersih dan terjangkau), 12 (konstruksi dan produksi yang bertanggung jawab), 13 (penanganan perubahan iklim), dan 15 (ekosistem darat) pada SDGs (Sustainable Development Goals).

Ahmad menambahkan Proper Emas ke-11 yang diraih oleh PGE tidak terlepas dari program CSR Unggulan Kamojang Desa Digital (KANG DEDI). KANG DEDI mengerupakan program pemberdayaan masyarakat yang dikembangkan PT Pertamina Geothermal Energy (PGE) Area Kamojang.

Melalui program itu, proses digitalisasi desa dilakukan dengan mengembangkan inovasi yang ramah lingkungan. Serta program tersebut dihadirkan untuk menjawab berbagai tantangan di berbagai aspek kehidupan seperti permasalahan sosial, komunikasi, transportasi, dan pertanian khususnya pada masa Pandemi COVID-19.

"Tidak hanya Emas, pada kesempatan ini PGE juga berhasil meraih 2 PROPER Hijau melalui PGE Area Lahendong - Sulawesi Utara dan Area Ulubelu - Lampung, serta PROPER Biru untuk Area Lumut Balai - Sumatera Selatan dan Area Karaha - Jawa Barat," kata Ahmad.

Sementara itu, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya mengatakan akan terus mendorong perusahaan agar meningkatkan kinerja mereka khususnya dalam kontribusi untuk menjaga kualitas lingkungan.

"Upaya peningkatan kinerja perusahaan dalam kontribusi terhadap kualitas lingkungan yang semakin baik, teknik, metode, orientasi, dan segala upaya, terus dieksplorasi oleh dewan pertimbangan proper dengan scientific based dan evidence based," pungkasnya.

(akd/ega)