FH Unej Raih Award Organisasi Pemberi Bantuan Hukum Terbaik di Jatim

ADVERTISEMENT

detik's Advocate

FH Unej Raih Award Organisasi Pemberi Bantuan Hukum Terbaik di Jatim

Tim detikcom - detikNews
Jumat, 31 Des 2021 08:21 WIB
Pos Bantuan Hukum PN Jember
Dekan FH Unej Dr Bayu Dwi Anggono (memakai baju hijau) dengan Ketua PN Jember Marolop Simamora di Posbakum PN Jember (ist.)
Jakarta -

Fakultas Hukum Universitas Jember (FH Unej) menyabet penghargaan sebagai organisasi pemberi bantuan hukum terbaik di Jawa Timur. Tercatat sepanjang 2021, FH Unej dengan Posbakum PN Jember memberikan 374 pelayanan dengan berbagai bentuk.

"Alhamdulillah FH Unej melalui Biro Pelayanan Bantuan Hukum (BPBH) di akhir tahun 2021 ini mendapat penghargaan sebagai organisasi pemberi bantuan hukum terbaik di Provinsi Jawa Timur dalam kinerja serapan anggaran 2021," kata Dekan FH Unej, Dr Bayu Dwi Anggono kepada wartawan, Jumat (31/12/2021).

FH Unej

Posbakum PN Jember-BPBH FH Unej memberikan bantuan secara online dan offline, mengingat masih dalam situasi pandemi. Dari jumlah itu, ada yang diberikan bantuan hukum informasi-konsultasi dan ada juga yang dibantu dalam penyusunan dokumen.

"Kriteria yang digunakan adalah ketercapaian jumlah bantuan hukum yang diberikan kepada masyarakat tidak mampu berdasarkan target yang diberikan oleh kantor wilayah kementerian hukum dan HAM Jawa Timur," ujar Bayu.

Jenis layanan itu di antaranya perubahan akta, paspor, penetapan kematian, penetapan orang hilang, perwalian, permohonan pengampuan, penetapan adopsi hingga penetapan ahli waris. Posbakum juga melayani bantuan hukum di bidang perdata seperti perceraian, wanprestasi dan waris. Juga di bidang pidana seperti penyerobotan tanah, KDRT dan pemalsuan sidik jari.

"Semoga penghargaan ini makin memotivasi FH UNEJ dalam melakukan pengabdian dan menebar manfaat untuk masyarakat," ucap Bayu yang juga Sekjen Asosiasi Pengajar Hukum Tata Negara-Hukum Administrasi Negara (AP HTN-HAN) itu.

Adapun untuk layanan BPBH FH Unej sepanjang 2021 sebanyak 432 pelayanan. Untuk BPBH Unej memberikan layanan gratis (probono) kepada masyarakat kurang mampu.

(asp/asp)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT