Menhan Prabowo Terima Kunjungan KSAD, Bahas Modernisasi Alutsista

Tim detikcom - detikNews
Kamis, 30 Des 2021 23:27 WIB
Menhan Prabowo Subianto kunjungan kerja ke Akmil Magelang
Menhan Prabowo Subianto kunjungan kerja ke Akmil Magelang. (Dok. TNI AD)
Jakarta -

Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto hari ini menerima kunjungan Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal Dudung Abdurachman. Prabowo dan Dudung membahas seputar alat utama sistem pertahanan (alutsista) TNI AD.

Prabowo menerima Dudung di kantor Kementerian Pertahanan (Kemhan), Jakarta, Kamis (30/12/2021). Dalam pertemuan tersebut, Prabowo didampingi oleh Wakil Menhan Herindra, Irjen Kemhan Letjen Ida Bagus Purwalaksana, Sekjen Kemhan Marsdya Donny Erwaman Taufanto, dan dua pejabat lainnya.

Sementara Dudung didampingi oleh Danpuspenerbad Mayjen Bueng Wardadi, Asrena Mayjen Candra Wijaya, dan Waasrena Brigjen Adisura Firdaus Tarigan.

Dalam foto yang diterima detikcom, Prabowo tampak mengenakan 'seragam' khasnya, yakni setelan safari warna krem dengan empat saku di kemeja. Prabowo dan Dudung juga mengenakan masker.

Ada sejumlah hal seputar alutsista yang dibahas dalam pertemuan Prabowo dan Dudung. Salah satunya mengenai modernisasi alutsista.

"Pada kunjungan kerja tersebut, Menhan Prabowo bersama KSAD dan jajarannya membahas mengenai rencana modernisasi dan kesiapan alutsista TNI matra darat, untuk menjaga kedaulatan NKRI," demikian keterangan tertulis Biro Humas Kemhan.

Menhan Prabowo Subianto menerima kunjungan KSAD Jenderal Dudung Abdurachman, di kantor Kemhan, Jakarta, Kamis (30/12/2021).Menhan Prabowo Subianto menerima kunjungan KSAD Jenderal Dudung Abdurachman. (Dok. Kemhan)

Seperti diketahui, Kemhan beberapa waktu lalu menyerahkan 2 unit helikopter Bell 412-EP HA-5181 dan HA-5182 di Skuadron-11/Serbu kepada TNI AU. Penyerahan helikopter bell yang telah selesai di overhaul itu dilakukan secara simbolis, Kamis (23/12).

Kemhan menekankan alutsista TNI harus dapat dimanfaatkan dan dirawat sebaik mungkin, salah satunya dengan melakukan pemeliharaan. Hal ini penting guna meningkatkan kesiapan operasional TNI dan mewujudkan zero accident.

"Kondisi alutsista TNI yang prima tentu akan berdampak positif bagi kesiapan operasional TNI. Perlu diingat, memiliki alutsista TNI yang tangguh dan personel TNI yang andal adalah modal utama dalam menjaga kedaulatan bangsa," imbau Wamenhan Herindra dalam keterangan tertulis.

(zak/isa)