Bersyukurnya Perempuan Sulsel Biaya Persalinannya Ditanggung JKN-KIS

Dea Duta Aulia - detikNews
Rabu, 29 Des 2021 17:25 WIB
Peserta JKN-KIS
Foto: BPJS Kesehatan
Jakarta -

Saat seorang istri hamil tentu bukan mental saja yang perlu dipersiapkan. Namun faktor finansial juga perlu dipersiapkan jauh-jauh hari mengingat biaya persalinan anak tidaklah murah. Belum lagi jika proses persalinan membutuhkan penanganan khusus pastinya biaya yang dikeluarkan akan semakin bertambah.

Beruntung seorang ibu rumah tangga asal Maccini Sulawesi Selatan sekaligus peserta JKN-KIS, Darmawati (26) tidak terlalu pusing memikirkan soal keuangan menjelang proses lahiran tiba. Pasalnya, BPJS Kesehatan melalui program JKN-KIS memberikan layanan gratis saat proses melahirkan sang buah hati.

"Selama kehamilan, saya rutin melakukan kontrol di Puskesmas Maccini Sawah setiap bulannya atau apabila merasakan keluhan. Pelayanannya yang diberikan sangat baik dan antriannya pun tidak lama," ujar Darma dalam keterangan tertulis, Rabu (29/12/2021).

Pelayanan yang diberikan oleh fasilitas kesehatan saat melahirkan pun tergolong baik. Darma hanya perlu memperlihatkan kartu keanggotaan JKN-KIS dan KTP lalu petugas dengan sigap segera memberikan layanan.

"Saya pakai kartu JKN-KIS saja yang kepesertaannya itu dibiayai oleh pemerintah. Seluruh biaya persalinan gratis padahal perawatannya itu rawat inap. Kata suami seandainya tidak menggunakan kartu JKN-KIS, biaya melahirkan itu tagihannya lumayan banyak, belum lagi biaya perawatan anak setelah lahir," tambahnya.

Berkat kemudahan tersebut, Darma mengucapkan terima kasih karena biaya proses lahiran ditanggung oleh pemerintah.

"JKN-KIS itu seperti berkah dari Tuhan buat saya dan keluarga. Besar sekali manfaat yang diberikan kartu JKN-KIS ini. Tidak ada perbedaan terhadap pasien yang umum dan yang seperti saya semua perlakuannya sama saja, pokoknya dilayani dengan baik. Semoga lebih banyak lagi yang dapat terbantu dengan kartu JKN-KIS ini seperti saya," pungkasnya.

(ncm/ega)