Peserta JKN-KIS Ingin Kemudahan PANDAWA Tetap Ada di Masa Mendatang

Dea Duta Aulia - detikNews
Rabu, 29 Des 2021 17:04 WIB
Peserta BPJS
Foto: BPJS Kesehatan
Jakarta -

Peserta Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) Viga Isnanda mengakui merasakan manfaat Pelayanan Administrasi melalui WhatsApp (PANDAWA) dari BPJS Kesehatan. Berdasarkan pengalamannya, ia tidak perlu untuk datang ke kantor BPJS Kesehatan dan bisa mengakses aplikasi Mobile JKN dan PANDAWA.

PANDAWA sendiri merupakan layanan digital dari BPJS Kesehatan yang menghadirkan beragam fitur seperti pendaftaran peserta baru, tambah anggota keluarga, pendaftaran bayi baru lahir, perubahan jenis kepesertaan, perubahan data identitas, perubahan data golongan dan gaji, perubahan Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP), penonaktifan peserta meninggal, perbaikan data ganda, dan pengaktifan kembali kartu.

"Untuk melakukan perubahan fasilitas kesehatan, saya hanya perlu chatting ke nomor PANDAWA Sorong dan langsung diproses. Responnya cepat, yang penting ikuti arahan dan lengkap persyaratannya. Selain itu, penjelasan petugasnya detail dan ramah, tidak perlu mengantri lagi," katanya dalam keterangan tertulis, Rabu (29/12/2021).

Viga mengaku akan terus memanfaatkan pelayanan tersebut untuk pengurusan JKN-KIS pribadi dan keluarga.

"Keperluan administrasi JKN-KIS kini dari rumah bisa dari Whatsapp saja. Hanya perlu chat dan siapkan persyaratannya, langsung selesai," tambahnya.

Tak hanya itu, Viga juga berharap, PANDAWA tidak hanya hadir di masa saat Pandemi COVID-19 saja. Di masa mendatang, ketika Pandemi COVID-19 berakhir, PANDAWA masih tetap bisa digunakan oleh seluruh peserta JKN-KIS.

"PANDAWA ke depannya dapat terus ada bukan hanya di masa pandemi saja, agar pelayanan BPJS Kesehatan dapat dirasakan kemudahannya oleh seluruh pesertanya," pangkasnya.

(ncm/ega)