Kemensos Bangun Rusunawa Tunawisma, Biaya Sewa Rp 10 Ribu Per Bulan

Anggi Muliawati - detikNews
Rabu, 29 Des 2021 13:00 WIB
Konpers Kemensos (Anggi Muliawati/detikcom)
Foto: Konpers Kemensos (Anggi Muliawati/detikcom)
Jakarta -

Kementerian Sosial (Kemensos) saat ini tengah membangun rumah susun sewa (Rusunawa) di Jakarta dan Bekasi. Rusunawa tersebut nantinya akan diperuntukkan bagi para penyandang disabilitas dan tunawisma.

"Rusunawa saat ini sudah dibangun di Jakarta dan Bekasi, nanti tipe-tipe 27, yang nantinya kita arahkan dan gunakan untuk yang nomaden, yang tidak memiliki rumah, yang tinggal di bawah jembatan, tinggal di rumah-rumah berlubang," ujar Mensos, Tri Rismaharini, kepada wartawan di Gedung Kemenko PMK, Rabu (29/12/2021).

Risma mengatakan para penyandang disabilitas dan tunawisma dapat menempati rusunawa dengan harga sewa yang relatif murah. "Nanti rusunawa bisa mereka tempati dengan sewa Rp 10 ribu per bulan," ujarnya.

Risma mengatakan saat ini pihaknya tengah mengusahakan agar para disabilitas dan tunawisma dapat kemudahan terkait biaya listrik.

"Kami masih mengusahakan untuk bagaimana mereka mendapatkan solar cell sehingga untuk biaya listrik bisa ditekan lagi," ujarnya.

Sebelum rusunawa tersebut selesai, saat ini para penyandang disabilitas dan tunawisma ditempatkan di Balai Sosial. "Teman-teman yang tidak memiliki rumah atau nomaden, kita tampung mereka di Balai, termasuk anak-anak disabilitas, kemudian di Balai kita berikan aktivitas, bagaimana mereka bisa meningkatkan kapasitas mereka," tuturnya.

(isa/isa)