Viral 3 Wanita di Sulut Lakukan Kekerasan terhadap Bayi, Pelaku Diciduk

Trisno Mais - detikNews
Selasa, 28 Des 2021 17:04 WIB
Hand of prisoner grabbed the metal  fence in black and white
Ilustrasi kekerasan terhadap anak. (Foto: dok. Thinkstock)
Bitung -

Polisi menangkap tiga wanita di Bitung, Sulawesi Utara (Sulut), yang viral melakukan kekerasan terhadap bayi. Aksi keji kekerasan terhadap bayi itu sempat divideokan oleh para pelaku dan disebar sendiri di media sosial.

"Aksi kekerasan dan berbahaya tersebut juga sempat divideokan oleh salah satu teman dari dua perempuan tersebut, yaitu perempuan berinisial IS (17), kemudian di-upload di media sosial dan menjadi ramai di masyarakat," ujar Kabid Humas Polda Sulut Kombes Jules Abraham Abast dalam keterangannya kepada wartawan, Selasa (28/12/2021).

Penyelidikan polisi mengungkap aksi kekerasan terhadap bayi malang itu memang sengaja dilakukan oleh tiga wanita tersebut, yakni IS (17), MK (20), dan SM (19). Para pelaku diperiksa berdasarkan laporan polisi nomor LP/A/110/XII/2021/SPKT/Polres Bitung/Polda Sulut, tanggal 27 Desember 2021.

"Ketiganya saat ini sudah dalam pemeriksaan di Unit PPA Satuan Reskrim Polres Bitung," jelas dia.

Jules mengatakan bayi tersebut selama ini hanya dirawat oleh kakaknya inisial SM. Menurutnya, para pelaku itu hanya datang ke rumah SM.

"Balita 1 tahun ini diketahui selama ini dirawat oleh kakaknya, SM, sedangkan ketiga tersangka ini hanya datang berkunjung ke rumah kakaknya SM," imbuhnya.

Adapun para pelaku itu terancam dengan Pasal 80 ayat 1 UU RI Nomor 17 Tahun 2016 tentang Perubahan UU RI Nomor 23 Tahun 2002 tentang Perlindungan Anak, dengan ancaman hukuman 3 tahun penjara.

(nvl/nvl)