detikcom Do Your Magic: Before After Sumur Resapan yang Disorot Soleh Solihun

Tim detikcom - detikNews
Selasa, 28 Des 2021 16:35 WIB
Masalah Sumur Resapan Disorot Soleh Solihun: TUNTAS
Masalah Sumur Resapan Disorot Soleh Solihun: TUNTAS (Denny Putra/detikcom)
Jakarta - Komika Soleh Solihun menyoal proyek sumur resapan di Pondok Labu, Jakarta Selatan. Kini proyek tersebut telah selesai.

Persoalan itu pertama kali diutarakan Soleh Solihun di akun Twitter-nya pada 17 November 2021. Dia mengunggah proyek sumur resapan di depan rumahnya, yang disebut menghalangi tempat parkir.

Masalah proyek sumur resapan di depan rumahnya telah rampung pada 27 November 2021. Namun Soleh Solihun menyebut ada pekerjaan yang belum selesai di dekat rumahnya.

"Saya nge-tweet pagi, sore udah ditutup itu bak kontrolnya," kata Soleh, Jumat (26/11/2021).

"Di sebelah tetangga-tetangga saya ada juga sudah selesai, tapi ada galian yang baru di belokan jalan," imbuhnya.

Selain jalan di depan rumahnya, Soleh Solihun menyoal sumur resapan di Jl Intan. Jalan yang hampir selalu dia lewati setiap hari.

"Iya, kemarin yang Jl Intan kan bolong, soalnya tiap hari saya lewat situ. Bahaya kan kalau bolong, apalagi kalau sepeda motor," kata Soleh.

Kini, kedua tempat yang disinggung Soleh Solihun itu telah rampung. Tutup sumur resapan dipasang dengan baik.

Berikut adalah perbandingan sebelum dan setelah atau before and after pengerjaan sumur resapan yang disinggung Soleh Solihun.

Depan Rumah Soleh Solihun

Before

Pemasangan tutup sumur resapan di Jl Wijaya Kusuma, Pondok Labu,Jakarta SelatanPemasangan tutup sumur resapan di Jl Wijaya Kusuma, Pondok Labu, Jakarta Selatan. (Marteen Ronaldo/detikcom)

Saat pertama kali masalah itu diunggah Soleh Solihun, tanah galian sumur resapan menghalangi pagar rumah sehingga mobil milik Soleh Solihun tidak bisa keluar-masuk.

Tutup sumur resapan pun belum terpasang sehingga sumur resapan masih belum berfungsi saat itu.



Ternyata masalah sumur resapan itu bukan hanya di depan rumah Soleh Solihun, tapi juga di jalan yang ada di depan rumahnya.

Pada Rabu (8/12/2021), masih di lingkungan dekat rumah Soleh Solihun masih proses pembuatan sumur resapan. Tutup sumur resapan masih bongkar-pasang.


After

Tutup sumur resapan di dekat rumah soleh solihun telah selesai dipasang, Rabu (15/12/2021).Tutup sumur resapan di dekat rumah Soleh Solihun telah selesai dipasang, Rabu (15/12/2021). (Marteen Ronaldo/detikcom)

Pada 27 November 2021, proyek sumur resapan di depan rumah Soleh Solihun telah selesai. Tumpukan tanah yang menutup pagarnya telah dibersihkan.

Soleh Solihun tidak lagi kesulitan untuk memasukkan dan mengeluarkan mobilnya.

Tutup sumur resapan telah dipasang dengan cara yang semestinya. Soleh Solihun pun mengutarakan terima kasihnya melalui twitter.

"Lapor @DinasSDAJakarta bak kontrol sumur resapan depan rumah dan sebelah rumah sudah ditutup kemarin sore. Terima kasih atas responnya," kata Soleh Solihun pada 27 November 2021.

Kemudian, lingkungan yang satu jalan dengan rumah Soleh Solihun baru benar-benar selesai saat detikcom mengecek pada 15 Desember 2021.

Jl Intan

Before

Perbaikan tutup drainase vertikal di Jl Intan, Cilandak Barat, Jakarta Selatan.Perbaikan tutup drainase vertikal di Jl Intan, Cilandak Barat, Jakarta Selatan. (Marteen Ronaldo/detikcom)

Soleh Solihun mengunggah sumur resapan Jl Intan yang rusak pada 26 November 2021. Dalam foto yang dia unggah, bagian tengah tutup sumur resapan jebol. Terlihat tulang besi sumur resapan itu.

Soleh Solihun menyebut bahwa kondisi itu berbahaya bagi pengendara yang melintas.

After

Sumur resapan di Jl Intan Pondok Labu, Jakarta SelatanSumur resapan di Jl Intan Pondok Labu, Jakarta Selatan. (Marteen Ronaldo/detikcom)

Pengerjaan di Jl Intan memerlukan waktu tidak sebentar. Ada proses pergantian tutup sumur resapan agar kuat dilindas mobil.

Pada 28 Desember 2021, proses pengerjaan selesai. Tidak ada lagi lubang di lokasi tersebut.

Tidak terlihat pula sisa-sisa galian. Pengendara bisa leluasa melintas di lokasi tersebut. (aik/dnu)