Kata Peserta BPJS Usai Berobat Pakai JKN-KIS: Sama Sekali Tidak Sulit

Dea Duta Aulia - detikNews
Selasa, 28 Des 2021 14:32 WIB
Penderita Penyakit Lambung Ini Ungkap Manfaat Punya JKN-KIS
Foto: Dok. BPJS Kesehatan
Jakarta -

Peserta Jaminan Kesehatan Nasional Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) Anik Martini (46) merasa terbantu ketika menggunakan program JKN-KIS untuk mengobati penyakit lambung yang dideritanya.

Wanita yang tinggal di Telaga Sari Kota Palangka Raya menilai proses berobat menggunakan fasilitas dari program JKN-KIS sama sekali tidak sulit. Pasalnya, ia hanya cukup dengan menunjukan tanda kepesertaan dalam program JKN-KIS dan langsung mendapatkan pelayanan di fasilitas kesehatan mitra BPJS Kesehatan.

"Saya sebagai peserta JKN merasa bahwa proses berobat menggunakan kartu JKN-KIS ini sama sekali tidak sulit, prosesnya sangat mudah. Saya sudah beberapa kali merasakannya, baik saya sendiri maupun untuk keluarga saya. Contohnya seperti kemarin ini, saya dari rumah langsung dibawa ke IGD, di IGD cuma menunjukan kartu JKN saja, setelah itu saya langsung dilayani oleh petugasnya," jelasnya dalam keterangan tertulis, Selasa (28/12/2021).

Anik juga menjelaskan bahwa kepesertaan program JKN-KIS ini sangat bermanfaat. Hal tersebut dibuktikan sendiri dengan beberapa kali mendapatkan pelayanan kesehatan menggunakan fasilitas dari kepesertaan program JKN-KIS.

"Program JKN ini sangat terasa manfaatnya, dari pengalaman saya ketika menggunakan JKN saya akui sangat membantu dalam mengatasi masalah biaya pengobatan. Berkali-kali kami sekeluarga memanfaatkan program JKN ketika berobat, semuanya terbantu dan ditanggung sepenuhnya oleh JKN. Tidak ada biaya yang harus dikeluarkan secara pribadi, ini keuntungan dari menjadi peserta JKN," tutupnya.

Diketahui, wanita yang tinggal di Jalan Telaga Sari Kota Palangka Raya ini terdaftar dalam program JKN-KIS sebagai peserta Pekerja Penerima Upah (PPU) karena sang suami yang bekerja di perusahaan.

(akd/ega)