ADVERTISEMENT

TNI AL Selidiki Benda Mirip Tank Usai Ditemukan Terapung di Laut Natuna

Audrey Santoso - detikNews
Selasa, 28 Des 2021 13:07 WIB
Benda mirip tank ditemukan di Laut Natuna (dok. instagram TNI AL)
Foto: Benda mirip tank ditemukan di Laut Natuna (dok. instagram TNI AL)
Jakarta -

TNI AL kini tengah menyelidiki benda misterius mirip tank yang terapung di Laut Natuna, Kepulauan Riau (Kepri). Benda itu sudah ditemukan oleh TNI AL, setelah sebelumnya viral.

"Kemiripannya sama (dengan yang viral pada pertengahan bulan ini)," kata Kepala Dinas Penerangan TNI Angkatan Laut (Kadispen AL), Laksamana Julius Widjodjono saat dikonfirmasi detikcom, Selasa (28/12/2021).

Julius mengatakan TNI AL belum dapat bicara banyak soal benda mirip tank tersebut. Pusat Hidro-Oseanografi Angkatan Laut (Pushidrosal), Dinas Material Senjata dan Elektronika Angkatan Laut (Dissenlekal) dan Dinas Penelitian dan Pengembangan Angkatan Laut (Dislitbangal) akan memeriksa benda tersebut.

"Tunggu hasil investigasi," ucap Julius.

Penemuan benda mirip tank ini disampaikan oleh TNI AL lewat akun Instagram resminya, @tni_angkatan_laut. Benda itu ditemukan oleh personel Lantamal IV Tanjung Pinang.

"Pangkalan utama TNI Angkatan Laut (Lantamal) IV Tanjung Pinang menemukan benda menyerupai tank (kendaraan tempur) di perairan Natuna, Kepulauan Riau," tulis TNI AL, seperti dilihat detikcom hari ini.

Benda yang disebut sebagai kendaraan tempur itu dibawa ke posmat Kijang dengan cara ditarik menggunakan pompong kayu nelayan. TNI AL masih melakukan investigasi terkait penemuan benda tersebut.

"Benda tersebut ditarik menggunakan pompong kayu nelayan menuju posmat kijang, sampai dengan saat ini masih dilaksanakan investigasi dari TNI AL dalam hal ini tim Pushidrosal, Dissenlekal dan Dislitbangal," ujarnya.

Sebelumnya, informasi adanya benda mirip tank di Laut Natuna itu diketahui karena viral di media sosial. TNI AL pun buka suara.

"Informasi hanyut," kata Julius pada Senin (20/12) lalu.

TNI AL masih menganalisis keberadaan benda mirip tank di tengah laut itu. Namun TNI AL menyebut benda itu tidak berbahaya.

"Iya, memang betul ada temuan benda mirip tank, tapi tidak berbahaya," kata Kepala Dinas Penerangan Lantamal IV Mayor Marinir Saul Jamlaay, seperti dilansir Antara, Sabtu (18/12).

Benda itu diduga milik perusahaan migas Star Energy dari rig blok kakap. Perusahaan itu sedang mengebor di Laut Natuna.

"Pihak perusahaan sudah mengakui hal itu. Benda itu hanyut sendiri," ujarnya.

Lihat juga video 'Ketakutan Nelayan di Natuna Karena Ada Coast Guard China':

[Gambas:Video 20detik]



Simak selengkapnya di halaman berikutnya.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT