Benda Mirip Tank di Laut Natuna Ditemukan!

ADVERTISEMENT

Benda Mirip Tank di Laut Natuna Ditemukan!

Kadek Melda Luxiana - detikNews
Selasa, 28 Des 2021 10:53 WIB
Benda mirip tank ditemukan di Laut Natuna (dok. instagram TNI AL)
Foto: Benda mirip tank ditemukan di Laut Natuna (dok. instagram TNI AL)
Jakarta -

Benda misterius mirip tank sempat mengapung di Laut Natuna. Benda tersebut kini telah ditemukan TNI AL.

"Pangkalan utama TNI Angkatan Laut (Lantamal) IV Tanjung Pinang menemukan benda menyerupai tank (kendaraan tempur) di perairan Natuna, Kepulauan Riau," tulis keterangan dalam instagram resmi TNI AL @tni_angkatan_laut seperti dilihat detikcom, Selasa (28/12/2021).

Benda yang disebut sebagai kendaraan tempur itu dibawa ke posmat Kijang dengan cara ditarik menggunakan pompong kayu nelayan. TNI AL masih melakukan investigasi terkait penemuan benda tersebut.

"Benda tersebut ditarik menggunakan pompong kayu nelayan menuju posmat kijang, sampai dengan saat ini masih dilaksanakan investigasi dari TNI AL dalam hal ini tim Pushidrosal, Dissenlekal dan Dislitbangal," uajrnya.

Sebelumnya, informasi adanya benda mirip tank di Laut Natuna itu diketahui karena viral di media sosial. Kepala Dinas Penerangan TNI Angkatan Laut, Laksamana Julius Widjodjono, pun buka suara.

"Informasi hanyut," kata Julius, Senin (20/12)

TNI AL masih menganalisis keberadaan benda mirip tank di tengah laut itu.

Namun TNI AL menyebut benda itu tidak berbahaya.

"Iya, memang betul ada temuan benda mirip tank, tapi tidak berbahaya," kata Kepala Dinas Penerangan Lantamal IV Mayor Marinir Saul Jamlaay, seperti dilansir Antara, Sabtu (18/12).

Benda itu diduga milik perusahaan migas Star Energy dari rig blok kakap. Perusahaan itu sedang mengebor di Laut Natuna.

"Pihak perusahaan sudah mengakui hal itu. Benda itu hanyut sendiri," ujarnya.

Bakamla Bantu

Pencarian benda tersebut juga dibantu oleh Badan Keamanan Laut (Bakamla) RI. Bakamla sedang mendalami dan berkoordinasi dengan TNI AL terkait penemuan benda mirip tank di Laut Natuna.

"Bakamla mendapatkan info dari media dan sedang didalami karena tidak ada pers atau aset Bakamla di lokasi. Kami sedang berkoordinasi (mencari keberadaan) dengan TNI AL lebih lanjut," kata Kepala Bakamla Laksda TNI Aan Kurnia saat dihubungi detikcom, Senin (20/12).

Aan menuturkan Bakamla ikut membantu mencari keberadaan benda tersebut. Dia mengatakan pihaknya akan menyampaikan soal temuan tersebut saat rapat dengan kementerian/lembaga terkait.

"Akan dipastikan lagi informasi lanjutannya saat daily brief situasi kamla dengan K/L. (Bakamla ikut membantu mencari) Iya," ujarnya.

Selain di Laut Natuna, nelayan juga menemukan benda mirip tank itu di perairan Pulau Cempedak, Kabupaten Bintan, Kepulauan Riau (Kepri).

"Iya, memang betul," ujar Kapolsek Bintan Timur AKP Suardi seperti dikutip dari Antara, Senin (27/12.

Dalam foto yang dilihat, terlihat benda itu mirip seperti tank. Badan benda mirip tank itu berwarna cokelat.

Simak juga 'Jokowi Terima Laporan Kapal China-AS Melintas di Natuna':

[Gambas:Video 20detik]



(dek/dhn)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT