Operasi Lilin 2021, Polri Ungkap Ratusan Ribu Kendaraan Keluar-Masuk Jakarta

Mulia Budi - detikNews
Senin, 27 Des 2021 23:40 WIB
Kabag Penum Divisi Humas Polri Kombes Ahmad Ramadhan (Foto: Dok. Humas Polri)
Kabag Penum Divisi Humas Polri Kombes Ahmad Ramadhan (Foto: Dok. Humas Polri)

Lebih lanjut, Ramadhan menyebut jumlah kendaraan ke luar Jakarta mengalami kenaikan sebelum Natal lalu menurun pada hari Natal dan sehari setelahnya. Jumlah kendaraan ke luar Jakarta pada 23 Desember sebanyak 154.053 kendaraan, sedangkan pada 26 Desember sebanyak 42.209 kendaraan.

"Sedangkan data ke luar Jakarta dari empat GT tersebut di tanggal 23 kendaraan yang ke luar Jakarta sebanyak 154.053 kendaraan, tanggal 24 Desember 169.900 kendaraan, kemudian di tanggal 25 Desember 146.086 kendaraan dan tanggal 26 Desember menurun kembali sebanyak 42.209 kendaraan," ujar Ramadhan.

Selain itu, disebutkan Ramadhan, pihaknya dan pemangku kepentingan (stakeholder) lainnya akan melakukan kegiatan untuk mengamankan Operasi Lilin 2021 sampai puncak arus balik setelah masa Nataru.

"Tentunya Polri dan stakeholder lainnya terus melakukan kegiatan pengamanan Ops Lilin sampai nanti puncaknya arus kembali, setelah melaksanakan libur Nataru," kata Ramadhan.

Ramadhan kembali menegaskan arus lalu lintas berjalan aman selama 5 hari berjalannya Operasi Lilin 2021. Mulai dari arus lalu lintas di jalur tol maupun di jalur arteri keluar-masuk wilayah Jakarta.

"Sekali lagi kami sampaikan arus lalu lintas di jalur tol, jalur arteri keluar masuk Jakarta, secara umum situasi aman, lancar, dan terkendali," pungkasnya.

Diberitakan sebelumnya, Polri menggelar Operasi Lilin 2021 dalam rangka mengamankan libur Natal dan tahun baru 2022. Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengingatkan jajarannya untuk mengantisipasi ancaman di masyarakat selama masa libur tersebut.

"Berdasarkan mapping kerawanan yang telah dilakukan terdapat beberapa prediksi gangguan kamtibmas yang harus kita antisipasi, antara lain ancaman kelompok intoleran, radikalisme, dan terorisme. Aksi kriminalitas seperti curat, curas, curanmor, balap liar, penyalahgunaan narkoba, pesta miras, aksi perusakan fasilitas umum," ujar Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan membacakan amanat Kapolri dalam apel pasukan Operasi Lilin 2021 di Polda Metro Jaya, Kamis (23/12/2021).

Kapolri juga meminta seluruh jajarannya mengantisipasi bahaya bencana alam yang bisa datang secara tiba-tiba. Penegakan disiplin dalam protokol kesehatan juga harus selalu ditekankan.


(maa/maa)