Pasien Lolos Karantina Sempat Tak Diizinkan Keluarga Balik ke Wisma Atlet

Indra Komara - detikNews
Senin, 27 Des 2021 18:18 WIB
Omicron Variant on test tube - New Variant of Covid 19
Foto: Getty Images/iStockphoto/DMEPhotography
Jakarta - Salah satu pasien Omicron di Indonesia sempat lolos karantina di Wisma Atlet. Pihak keluarga ternyata sempat tak memberi izin untuk kembali ke Wisma Atlet.

Menkes Budi Gunadi Sadikin sudah memaparkan kronologi pasien Omicron lolos karantina itu. Pasien merupakan seorang wanita yang baru tiba di Tanah Air dari Inggris.

Wanita ini sempat dinyatakan positif Corona pada tes pertama. Kemudian pasien minta untuk dites ulang sebagai pembanding dengan hasil negatif COVID.

Akhirnya, atas izin Dinkes DKI, wanita itu diizinkan untuk isolasi mandiri di rumah. Setelah lima hari baru kemudian wanita itu ketahuan positif Omicron.

Juru bicara Vaksinasi COVID-19 Kementerian Kesehatan, dr Siti Nadia Tarmizi, mengatakan pihak keluarga sempat tak mengizinkan pasien untuk kembali ke Wisma Atlet. Keluarga ingin agar anggota keluarganya itu dikarantina mandiri di rumah.

"Ini ada satu pasien positif Omicron, tapi isolasinya sebagian secara mandiri dan saat akan diminta kembali karena positif Omicron tidak diizinkan oleh keluarga," papar Nadia kepada wartawan, Senin (27/12/2021).

Nadia mengatakan rumah pasien memang memungkinkan untuk dilakukan isolasi mandiri.

"Tidak mengizinkan saja karena mau isolasi mandiri," ucap dia.

Saat ini pasien Omicron tersebut sudah negatif Corona. Termasuk anggota keluarganya yang lain.

Lihat Video: Menkes Jelaskan Kronologi Pasien Omicron Lolos Karantina

[Gambas:Video 20detik]



(idn/dhn)