ADVERTISEMENT

Tinjau Vaksinasi Anak, Bupati Kebumen Targetkan 121.000 Dosis

Rinto Heksantoro - detikNews
Senin, 27 Des 2021 17:08 WIB
Bupati Kebumen
Foto: Pemkab Kebumen
Kebumen -

Pemerintah Kabupaten Kebumen telah melaksanakan program vaksinasi untuk anak-anak usia 6 sampai dengan 11 tahun untuk dosis pertama. Bupati Kebumen, Arif Sugiyanto pun mengecek langsung pelaksanaan tersebut dan menargetkan 121.000 dosis dapat diselesaikan dengan baik.

Pelaksanaan vaksinasi diadakan di sekolah-sekolah. Guna mengecek kesiapan kegiatan tersebut, Arif Sugiyanto bersama seluruh jajaran Forkompinda meninjau pelaksanaan vaksinasi anak di SDN 01 dan SDN 04, Kutosari, Kebumen, Senin (27/12/2021).

Arif mengatakan, untuk kuota vaksinasi anak di Kebumen ada 121.000 dosis. Vaksin tersebut sudah disebar dan dilaksanakan di berbagai sekolah di wilayah Kebumen, termasuk di SDN 01 dan 04 Kutosari.

"Alhamdulillah kita sudah mulai melaksanakan vaksinasi anak usia 6-11 tahun. Kita target 121.000 dosis vaksin anak di Kebumen bisa segera terdistribusikan dengan baik," kata Arif Sugiyanto di sela-sela tinjauan.

Vaksin yang diberikan untuk anak telah mengacu kepada kebijakan pusat. Hal ini dilakukan untuk bisa menciptakan kekebalan tubuh bagi anak dari ancaman virus, terlebih anak-anak sudah melaksanakan pembelajaran tatap muka.

"Jadi selain kecepatannya dikebut, jangkauannya juga diperluas dengan mengerahkan vaksinator dari Polres, Kodim, Puskesmas dan lain-lain. Kita semua bersatu menyukseskan vaksinasi di Kebumen yang sudah 72 persen," jelasnya.

Pihaknya menyebut, vaksinasi diberikan dua kali dengan interval pemberian 28 hari. Untuk tahap pertama, pelaksanaan dilakukan pada anak kelas 3, 4 dan 6. Hal ini karena kelas 1, 2 dan 5 baru mendapatkan imunisasi rutin program Bulan Imunisasi Anak Sekolah (BIAS).

"Jeda atau rentang waktu imunisasi rutin BIAS dengan vaksin COVID-19 untuk anak usia 6 sampai 11 tahun adalah 4 minggu. Ini agar hasilnya maksimal. Sehingga belum semua kelas bisa dilakukan vaksinasi," terangnya.

Di SD 01 dan 04 Kutosari, pemerintah menyediakan 337 dosis vaksin anak. Sebelum disuntik vaksin, anak-anak ini lebih dulu dilakukan pemeriksaan kesehatan untuk memastikan vaksinasi aman. Adapun vaksin yang digunakan adalah jenis Sinovac.

Untuk memberikan rasa percaya diri bagi anak-anak dalam mengikuti vaksin, para guru menyemangatinya dengan tampil menggunakan kostum Super Hero seperti Spiderman, Batman, dan Badut.

(fhs/ega)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT