Lagi, Survei Catat Publik Lebih Percaya Polri Dibanding KPK

Firda Cynthia Anggrainy Al Djokya - detikNews
Senin, 27 Des 2021 14:33 WIB
Ilustrasi Mabes Polri
Gedung Polri (Andhika Prasetia/detikcom)
Jakarta -

Survei kolaborasi Politika Research and Consulting (PRC) dan Parameter Politik Indonesia (PPI) mengadakan survei tingkat kepuasan terhadap kinerja lembaga negara. Hasil survei menunjukkan tingkat kepercayaan publik terhadap Polri lebih tinggi dibanding KPK era sekarang.

Survei PRC-PPI dirilis pada Senin (27/12/2021), dijelaskan survei ini melibatkan 1.600 responden usia minimal 17 tahun yang tersebar secara proporsional di 34 provinsi yang diwawancarai secara tatap muka. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan metode multistage random sampling.

Survei dilakukan pada 12 November-4 Desember 2021. Dalam survei tersebut, institusi yang paling dipercaya publik yaitu TNI sebanyak 75,4 persen. Polri berada di urutan kedua dengan tingkat kepercayaan mencapai 67,8 persen. Sementara KPK, tepat di urutan setelahnya, memiliki tingkat kepercayaan sebanyak 60,4 persen.

"TNI memang selalu diberi kepercayaan paling tinggi oleh masyarakat. Namun di sini yang berbeda adalah polisi yang bisa mendahului peringkatnya dibanding KPK. Sebagaimana kita ketahui, sebelumnya KPK selalu ada di peringkat kedua atau lebih tinggi dari polisi," kata Direkrut Eksekutif PRC, Rio Prayogo.

Selanjutnya, di posisi keempat ada Mahkamah Agung (MA) dengan tingkat kepercayaan atau kepuasan publik mencapai 51,9 persen. Kemudian disusul Mahkamah Konstitusi (MK), Kejaksaan Agung, DPD, dan MPR.

Pada survei itu, DPR berada di posisi paling terakhir dengan tingkat kepuasan atau kepercayaan publik paling rendah. Tingkat kepuasan publik pada DPR hanya sebesar 44,1 persen.

Berikut ini urutan tingkat kepercayaan dan kepuasan publik terhadap institusi pemerintah berdasarkan survei Politika Research and Consulting (PRC) dan Parameter Politik Indonesia (PPI) per hari ini:

1. TNI 75,4
2. Polri 67,8
3. KPK 60,4
4. MA 51,9
5. MK 51,3
6. Kejagung 50,4
7. DPD 47,7
8. MPR 47,4
9. DPR 44,1

Simak survei sebelumnya yang dirilis Charta Politika di halaman berikutnya.