ADVERTISEMENT

Ridwan Kamil Dinilai Tebar Pesona Safari Daerah Jelang 2024

Farih Maulana Sidik - detikNews
Senin, 27 Des 2021 06:16 WIB
Ridwan Kamil Cicip Kopi Luwak Ciwidey Berlapis Emas di Restoran Burj Khalifa
Ridwan Kamil (Foto: Instagram)
Jakarta -

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (RK) bakal lebih sering bertandang ke luar daerah pada 2022 mendatang. Direktur Eksekutif Parameter Indonesia Adi Prayitno menilai hal itu sebagai bagian cara RK menebar pesona menjelang Pilpres 2024.

"Normatifnya tentu untuk kepentingan seminar dan undangan dialog di berbagai daerah mengingat RK ketua ADPMET. RK punya argumen kuat untuk alasan ini yang tak ada sangkut pautnya dengan urusan politik elektoral," kata Adi kepada wartawan, Minggu (26/12/2021).

Tapi, Adi menyebut alasan Kang Emil sapaan akrab RK kunjungan ke daerah untuk urusan seminar atau diskusi mudah dibantah. Sebab, seminar atau diskusi bisa dilakukan secara online, tak perlu tatap muka.

"Tapi publik tak bisa menutup mata bahwa kunjungan ke berbagai daerah ini bagian cara RK menebar pesona sambil membangun jaring politik menuju jalan panjang 2024," ucapnya.

Menurut Adi, Kang Emil saat ini sedang berusaha terus meningkatkan popularitas dan elektabilitasnya. Terlebih, kata dia, demi popularitasnya di luar Jawa Barat.

"Kunjungan ke daerah ini bagian ekspansi 'kampanye darat' RK ke berbagai daerah agar popularitas dan elektabilitas RK tak hanya di jabar. Ibarat pepatah sekali mendayung dua pulau terlampau," ujarnya.

Seperti diketahui, Ridwan Kamil bakal lebih sering bertandang ke luar daerah pada 2022 mendatang. Dia mengatakan, saat ini pihaknya mendapatkan berbagai undangan dari luar daerah, hal itu terkait dengan jabatannya yang juga sebagai Ketua Umum Asosiasi Daerah Penghasil Migas dan Energi Terbarukan (ADPMET).

Selain itu, ia juga dinobatkan sebagai Bapak Badan Permusyawahan Desa (BPD) yang tersemat saat rapat koordinasi (Rakornas) BPD se-Indonesia yang dilaksanakan di Gedung Merdeka, Bandung beberapa waktu lalu.

"Ya banyak sih permintaan, kebetulan jadi ketua Asosiasi Daerah Penghasil Migas dan Energi Terbarukan kewajiban keliling ada, kemarin diangkat menjadi bapak BPD, banyak desa sampai Sulawesi Utara sudah ngantre minta didatangi," ucap pria yang akrab disapa Kang Emil itu di Pantai Lampuuk, Meunasah, Lhoknga Aceh, Sabtu (25/12).

Kendati begitu, ucapnya, kewajiban menjadi seorang gubernur di Jawa Barat tetap menjadi prioritas utama yang harus ditunaikan. Seperti diketahui, Kang Emil memiliki kewajiban sebagai gubernur Jabar periode 2018 - 2023.

"Saya harus atur agar kewajiban gubernur Jabar itu yang utama tapi memenuhi undangan juga itu kewajiban jadi tinggal mengatur caranya semua berjalan dengan baik," katanya.

Dalam kunjungannya di Aceh, Ridwan Kamil akan menerima penghargaan di Museum Tsunami pada Minggu (26/12/2021). Namanya akan tertera pada dinding Museum Tsunami Aceh sebagai perancang bangunan.

Rangkaian berikutnya pria yang akrab disapa Kang Emil itu akan menyaksikan penandatanganan MoU antara BUMD Migas Hulu Jabar dengan PEMA soal Participating Interest (PI) Migas di wilayah Aceh dan menjadi pembicara terkait energi terbarukan di kalangan Milenial Aceh.

(fas/gbr)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT