Mantan Pramugari Ini Jatuh Cinta dengan ODGJ

Khairunnisa Adinda Kinanti - detikNews
Minggu, 26 Des 2021 16:02 WIB
Jakarta -

Pratiwi Noviyanthi (27) adalah mantan pramugari di salah satu maskapai di Indonesia domestik internasional selama 8 tahun. Meski fokus untuk melayani penumpang di pesawat, ternyata Novi juga relawan aksi sosial untuk ODGJ (orang dengan gangguan Jiwa).

Semenjak resign dari pramugari, Novi tidak langsung menjadi youtuber dengan konten sebagai relawan aksi sosial. Ia hanya memposting beberapa kegiatan positif tersebut di instagram pribadinya. Namun, seiring berjalannya waktu, akhirnya ia membuat akun youtube yang bermodalkan hanya 3 orang crew.

"Nah untuk dari awal itu memang kita terdiri dari 3 orang. Saya, kameramen, editor. Kameramen bisa jadi editor, editor bisa jadi kameramen. Dan akhirnya kita terbentuk sekarang totalnya 16 orang. Itu dari berbagai macam profesi, termasuk trauma healing yang kita sedang rangkul untuk menjadi tim," cerita Novi dalam program Sosok.

Semua dilakukan Novi dengan menggunakan uang pribadinya. Baik untuk merawat ODGJ, biaya pengobatan, dan biaya untuk membuat konten tersebut. Namun tidak hanya ODGJ, Novi pun turun tangan juga untuk menangani berbagai macam kasus.

"Dari mulai ODGJ, orang terlantar, yatim piatu, dhuafa, yang sakit, yang lagi fight untuk sembuh dan pecandu obat-obat terlarang. Mulai dari pecandu obat, pecandu lem, pecandu bensin, solar, pecandu cat, itu macam-macam case-nya," ujar Novi.

Novi juga merawat beberapa bayi yang terlahir dari orang tua yang mengalami gangguan jiwa. Ketika orang tuanya dinyatakan sembuh oleh dokter jiwa, maka Novi dengan senang hati akan mengembalikan anaknya.

"Tetapi sekali lagi, apabila ibunya sembuh dan pulih dari persetujuan pihak dokter jiwa, kita akan kembalikan seluruhnya. Karena niat kita bukan mengadopsi, niat kita bukan memiliki, tetapi hanya merawat sementara," tegas Novi.

Jika sebagian orang memandang ODGJ adalah orang yang lemah dan terlantar, tetapi hal tersebut tidak berlaku bagi Novi. Ia pun membeberkan beberapa alasannya mengapa bisa jatuh cinta dengan ODGJ.

"Yang membuat saya jatuh cinta dengan ODGJ, pada saat ODGJ yang maaf sekali tidak pernah disentuh sama orang lain. Kondisinya kotor, mungkin sakit, luka-luka di bagian tangannya, di bagian kakinya karena penuh ikatan dan tali. Setelah saya bersihkan dengan tangan saya sendiri, kemudian mereka bersih, mereka mengucapkan terima kasih, bahkan mereka tidak mengucapkan terima kasih-pun melihat itu saja saya sudah bahagia banget.," jelas Novi.

"Kenapa bahagia?
Karena saya bisa membantu orang lain dengan tangan saya sendiri," lanjutnya.

Saksikan juga Year In Review 2021: Adaptasi Kebiasaan Baru di Masa Pandemi

[Gambas:Video 20detik]



(gah/gah)