Firli Bahuri Klaim Tren Budaya Antikorupsi Meningkat

Tim detikcom - detikNews
Sabtu, 25 Des 2021 20:53 WIB
Ketua KPK Firli Bahuri
Foto: Ketua KPK Firli Bahuri (Dok. Istimewa)
Jakarta -

Ketua KPK Firli Bahuri mengatakan KPK membutuhkan peran pemeluk agama agar sama-sama memberantas korupsi. Dia menilai salah satu cara memberantas korupsi dengan mengkampanyekan budaya antikorupsi.

"Sebagai ujung tombak pemberantasan korupsi di Indonesia, KPK tentunya membutuhkan peran serta andil nyata segenap pemeluk agama dan kepercayaan di republik ini termasuk umat nasrani, untuk mengentaskan penyakit kronis (korupsi) yang telah berurat akar di negeri ini," kata Firli kepada wartawan, Sabtu (25/12/2021).

"Salah satu wujud nyata peran dan andil pemeluk agama adalah ikut mengkampanyekan pentingnya budaya antikorupsi, bukan hanya di kegiatan keagamaan namun juga dalam kehidupan se hari-hari agar dapat di contoh masyarakat hingga membentuk cluster-cluster antikorupsi di lingkungan sekitar," lanjutnya.

Firli Bahuri menyebut saat ini tren budaya antikorupsi semakin meningkat. Firli menyebut hal itu dikarenakan peran masyarakat yang mendadak jadi influencer antikorupsi. Dia berharap budaya antikorupsi menjadi gaya hidup masyarakat.

"Dari informasi dan data yang kami himpun, trend mengkampanyekan budaya antikorupsi di Indonesia mulai meningkat, terutama setelah para pemeluk agama dan eksponen bangsa lainnya bersama-sama menjadi influencer budaya antikorupsi bagi masyarakat luas di Indonesia," ucapnya.

Hal ini,lanjur Firli, diharapkan dapat mengakselerasi transformasi tren antikorupsi berlanjut menjadi gaya hidup di masa depan. Firli berharap budaya antikorupsi menjadi kelaziman di Indonesia.

Tak lupa, Firli Bahuri juga mengucapkan selamat Natal untuk umat Kristiani. Dia juga mengingatkan pentingnya refleksi diri di hari Natal ini.

"Peringatan natal bukan sekedar perayaan yang identik dengan pesta keagamaan, natal sejatinya adalah sarana atau momentum untuk merefleksikan diri terhadap nilai-nilai perjuangan, pengorbanan khususnya kesederhanaan yang juga diajarkan oleh agama lainnya dimuka bumi ini," ucapnya.

"Selamat merayakan Hari Natal, mari bersama kita tebar kasih serta semai selalu nilai-nilai kesederhanaan dan semangat antikorupsi disegenap jantung serta urat nadi seluruh anak bangsa di republik ini, agar Indonesia maju, sejahtera, aman dan damai sentosa," pungkasnya.

(zap/dhn)