Ajak Keluarga Liburan, Warga Ramai Kunjungi Kota Tua

Annisa Rizky Fadhila - detikNews
Sabtu, 25 Des 2021 15:41 WIB
Warga Ramai Kunjungi Kota Tua (Annisa-detikcom)
Warga ramai mengunjungi Kota Tua. (Annisa/detikcom)
Jakarta -

Kawasan Wisata Kota Tua Jakarta siang ini ramai dikunjungi warga. Warga tampak berwisata di kawasan Kota Tua.

Pantauan detikcom di lokasi, Sabtu (15/12/2021), pukul 14.24 WIB, banyak pengunjung yang datang secara berombongan. Mereka terlihat mengelilingi Kota Tua untuk berfoto hingga kulineran.

Suasana di Kota Tua siang ini terpantau mendung. Lalu lintas ramai-lancar, sehingga tidak terlihat adanya kemacetan di lokasi.

Di sisi kanan jalan, tampak pedagang kaki lima menjajakan jualannya. Para pedagang ini juga ramai dikunjungi oleh warga.

Salah satu pengunjung Idris (20) menyebutkan datang ke Kota Tua karena hendak berlibur dengan keluarga. Dia dan keluarganya memilih Kota Tua lantaran hendak mencari suasana baru dan mengenang Jakarta.

Bahkan, katanya, dia dan keluarga sengaja datang ke Kota Tua sejak pukul 13.00 WIB. Dirinya pun mengaku sudah menjajal Kota Tua dengan kuliner dan menjajaki pernak-pernik yang dijual.

"Sama keluarga ya datang ke sini. Memang niatnya buat liburan saja, mumpung weekend. Tadi kita (saya sama keluarga) udah keliling-keliling juga. Lumayan kayak mengenang Jakarta waktu dulu," ujar Idris saat ditemui di lokasi, Sabtu (15/12/2021).

Dia mengungkapkan, di tengah libur Natal, hal ini tidak menyurutkan niatnya berwisata. Sebab, sambung Idris, dia dan keluarga sudah lama merencanakan liburan di kawasan Kota Tua.

Dirinya pun mengaku sudah menjaga protokol kesehatan dan menjalankan vaksinasi. Karena itu, dia mengaku tak khawatir meski saat ini Kota Tua ramai didatangi.

"Kalau takut, nggak sih ya. Karena ini agenda keluarga juga, sudah lama direncanakan. Kita juga sudah pakai masker, bawa hand sanitizer ya. Pokoknya menjalankan prokes. Kita juga udah vaksin dua kali. Jadi insyaallah nggak kenapa-napa selama prokesnya dijaga ya," katanya.

Senada, pengunjung lainnya Mira (33) mengaku antusias dapat berlibur di Kota Tua. Menurutnya, Hari Raya Natal tak menghambat rencananya.

Ibu tiga anak itu bilang Kota Tua menjadi ikon Jakarta. Inilah yang membuatnya tertarik untuk mendatangi kawasan ini. Terlebih, Mira mengaku sebagai pendatang yang sudah lama tinggal di Jakarta.

Warga Ramai Kunjungi Kota TuaWarga ramai mengunjungi Kota Tua (Annisa/detikcom)

"Saya itu pendatang, asal dari Padang. Tapi tinggal di Jakarta sudah cukup lama, udah belasan tahun. Ikut suami. Walaupun saya sudah lama gitu ya tinggal di Jakarta, tapi nggak bosan datang ke sini (Kota Tua). Karena vibes-nya beda, adem dan sejuk aja. Apalagi ini ikon Kota Jakarta gitu kan. Makanya banyak turis atau warga lokal yang sengaja datang ke sini," terangnya.

Sementara itu, pengunjung lainnya Ahmad (29) bercerita tak sengaja datang ke kawasan Kota Tua. Awalnya, dia dan teman-temannya berlibur ke Jakarta. Mereka sudah mengelilingi Jakarta sejak pagi tadi.

Namun, setelah mendapatkan rekomendasi, dia dan teman-temannya mencoba mampir ke kawasan Kota Tua. Dirinya mengaku sudah menghabiskan waktu dengan memotret sudut Kota Jakarta.

"Aku memang lagi liburan saja ke sini. Karena domisiliku di Jawa ya, Magelang, jadi ke sini niatnya cuma mau liburan dan ketemu teman. Nah, setelah itu, tadi kita cari di Google dan rekomendasi teman juga, katanya coba tuh datangin Kota Tua. Biasanya ramai, banyak spot foto. Ya sudah makanya saya sama dua teman saya ke sini," jelasnya.

Di tengah perayaan Hari Natal, dia mengaku suasana di Kota Tua cukup menyenangkan. Sebab, tak sedikit dari pengunjung yang menghabiskan waktunya di kawasan wisata Kota Tua.

Bahkan, kata dia, dia sempat menjumpai pengunjung yang masih mengenakan dress dan kemeja. Saat ditelusuri, katanya, mereka sengaja datang ke Kota Tua setelah menjalankan misa.

"Unik ya. Karena menurut aku, nggak ada perubahan suasana. Bahkan menariknya itu, ketika tadi aku menemukan pengunjung sini yang dia datang ke Kota Tua cuma buat menghabiskan waktunya sama keluarga. Atau bisa di bilang quality time ya. Itu mereka masih pakai dress, pakai kemeja, masih rapi dan bersih banget. Cukup senang ya ngelihatnya," kata Ahmad.

Simak juga video 'Gereja, Mal, hingga Tempat Wisata Akan Dibatasi Saat Libur Nataru':

[Gambas:Video 20detik]



(dwia/dwia)