Gereja Katedral Apresiasi Masjid Istiqlal Sediakan Lahan Parkir untuk Jemaat

Azhar Bagas Ramadhan - detikNews
Sabtu, 25 Des 2021 09:58 WIB
Suasana di Gereja Katedral Jakarta
Gereja Katedral (Wildan/detikcom)
Jakarta -

Gereja Katedral Jakarta menyelenggarakan ibadah Natal hari ini. Pihak Gereja Katedral mengucapkan terima kasih kepada pihak Masjid Istiqlal karena telah telah menyediakan lahan parkir untuk jemaat gereja.

"Jadi, setelah Istiqlal selesai direnovasi, kami kembali diberi izin untuk menggunakan parkir sehingga mempermudah umat karena cukup dekat. Lokasi kami yang berdampingan ini sangat membantu, dan kami mengucapkan terima kasih banyak kepada Imam Besar, dan seluruh jajaran pengurus badan pengelola Masjid Istiqlal karena begitu sangat mendukung," kata salah satu Humas Gereja Katedral, Susyana Suwadie, kepada wartawan di lokasi, Sabtu (24/12/2021).

Susyana mengatakan tema Natal tahun ini, yakni 'Cinta Kasih Kristus Menggerakkan Persaudaraan', cocok dengan hubungan antarumat beragama saat ini. Contohnya sikap pengurus Masjid Istiqlal yang menyediakan lahan parkir untuk jemaat gereja.

"Dan itu mendukung tema tahun ini di mana persaudaraan semakin erat yang terjalin di antara kami," ujar Susyana.

Susyana menyebut kapasitas gereja kali ini 40 persen atau sekitar 650 orang. Setiap jemaat nantinya akan dibagi di tiga lokasi.

"Untuk kapasitas, pada tahun ini di Desember ini sudah dinaikkan, dari 20 persen sejak awal pandemi menjadi 40 persen, yaitu di gereja katedral 650 umat. Di mana dibagi di tiga lokasi, yaitu lokasi dalam gereja 310," katanya.

"Di aula atas 210, kemudian di Plaza Maria samping itu 130. Dan tentu saja ini tetap, terkait dengan prokes, itu juga kami setiap paroki itu selalu ada tim gugus kendali paroki," sambungnya.

Selanjutnya, dia juga menegaskan bahwa protokol kesehatan (prokes) tentu diterapkan dengan ketat. Jemaat yang masuk ke area gereja diwajibkan untuk men-scan lewat aplikasi PeduliLindungi.

Berikut informasi mengenai jadwal Misa Natal di Gereja Katedral Jakarta:

Tanggal 25 Desember 2021:
1. Misa Pontifikal pukul 09.00 WIB (daring dan tatap muka)
2. Misa II pukul 11.00 WIB (daring)
3. Misa Sore pukul 17.00 WIB (daring dan tatap muka)

Simak video 'Toleransi Driver Ojol Saat Perayaan Natal di Katedral':

[Gambas:Video 20detik]



(azh/zap)