Misa Natal di Gereja Katedral Jakarta, Mobil Barracuda Disiagakan

Azhar Bagas Ramadhan - detikNews
Sabtu, 25 Des 2021 08:35 WIB
Gereja Katedral Jakarta akan melaksanakan Misa Natal pagi ini. Polisi menjaga ketat area sekitar gereja, salah satunya menyiagakan mobil barracuda (Azhar Bagas Ramadhan/detikcom)
Gereja Katedral Jakarta akan melaksanakan misa Natal pagi ini. Polisi menjaga ketat area sekitar gereja, salah satunya menyiagakan mobil Barracuda. (Azhar Bagas Ramadhan/detikcom)
Jakarta -

Gereja Katedral Jakarta akan melaksanakan misa Natal pagi ini. Polisi menjaga ketat area sekitar gereja, salah satunya menyiagakan mobil Barracuda.

Pantauan detikcom pukul 08.10 WIB, Sabtu (25/12/2021), jemaat mulai berdatangan ke Gereja Katedral. Sementara itu, polisi terlihat melaksanakan apel guna pengamanan saat ibadah berlangsung nanti pukul 09.00 WIB.

Jemaat yang hadir di Gereja Katedral ini cukup antusias. Setiap jemaat yang masuk diperiksa terlebih dahulu dan dilakukan cek suhu. Jemaat yang hadir langsung bakal dibatasi jumlahnya, yakni hanya sekitar 40 persen atau 650 orang.

"Ini pertama kalinya kapasitas menjadi dua kali. Jadi di awal pandemi kapasitas hanya 20 persen, lalu per Desember tahun ini dinaikkan jadi 40 persen. Jadi untuk Gereja Katedral bisa menampung 650 umat dari sebelumnya hanya 300," kata salah pejabat Humas Keuskupan Agung Gereja Katedral Jakarta, Susyana Suwadie, kepada detikcom, Jumat (24/12).

Gereja Katedral Jakarta akan melaksanakan Misa Natal pagi ini. Polisi menjaga ketat area sekitar gereja, salah satunya menyiagakan mobil barracuda (Azhar Bagas Ramadhan/detikcom)Gereja Katedral Jakarta akan melaksanakan misa Natal pagi ini. Polisi menjaga ketat area sekitar gereja, salah satunya menyiagakan mobil Barracuda. (Azhar Bagas Ramadhan/detikcom)

Susyana juga mengatakan pelaksanaan ibadah akan dibagi di tiga lokasi, yakni 310 orang di dalam gereja, 210 orang di aula, dan 130 orang di Plaza Maria.

Susyana menjelaskan umat yang ingin beribadah di Gereja Katedral diharuskan mendaftar terlebih dahulu di situs belarasa.id. Setelah itu, akan didapatkan QR code sebagai akses masuk ke Katedral.

"Harus mendaftar di website belarasa.id Keuskupan Agung Jakarta. Kemudian nanti dapat QR code, nanti dibawa disertai KTP, itu diperiksa," ucapnya.

Selain itu, dia mengimbau jemaat menerapkan protokol kesehatan dan scan QR code aplikasi PeduliLindungi.

Berikut informasi mengenai jadwal Misa Natal di Gereja Katedral Jakarta:

Tanggal 25 Desember 2021:
1. Misa Pontifikal pukul 09.00 WIB (daring dan tatap muka)
2. Misa II pukul 11.00 WIB (daring)
3. Misa sore pukul 17.00 WIB (daring dan tatap muka)

(azh/isa)