Menerka Pesan Politik di Balik Foto Jokowi Berjalan Bareng JK-Anies

Eva Safitri - detikNews
Sabtu, 25 Des 2021 07:19 WIB
Momen Presiden Jokowi dan JK bernostalgia di acara peresmian gedung PP DMI.
Momen Presiden Jokowi dan JK bernostalgia di acara peresmian gedung PP DMI. (Foto: tangkapan layar video YouTube Sekretariat Presiden)
Jakarta -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) memposting foto sedang berjalan bersama Jusuf Kalla (JK) saat peresmian kantor Pimpinan Pusat Dewan Masjid Indonesia (DMI) kemarin. Ada Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dalam foto yang diunggah Presiden Jokowi.

Analisis pendiri lembaga survei KedaiKOPI, Hendri Satrio, foto Jokowi bersama JK dan Anis memiliki pesan tertentu. Menurutnya, foto tersebut menunjukkan bahwa Jokowi tidak membenci JK dan Anies.

"Sekaligus memperlihatkan bahwa tidak ada kebencian dengan Anies serta JK. Terlebih, yang bisa diperlihatkan adalah bagaimana Presiden RI mampu menjadi contoh sosok negarawan yang berkebangsaan," kata Hensat kepada wartawan, Jumat (24/12/2021).

Selain itu, Hendri menilai foto tersebut memperlihatkan bahwa Presiden Jokowi merupakan sosok yang sudah dewasa dalam berpolitik. Dalam arti, sebut dia, sosok yang bisa merangkul semua kalangan.

"Pak Jokowi sedang menampilkan sosoknya sebagai sosok negarawan yang sangat dewasa atau matang dalam berpolitik," ujarnya.

"Pak Jokowi menampilkan sosok kenegarawanan yang bisa merangkul semua, mengutamakan persatuan toleransi dan kedamaian," lanjut Hensat.

Momen jalan bersama itu diunggah sebelumnya di akun Instagram resmi Jokowi, Jumat (24/12). JK dan Anies berdiri mengapit Jokowi. JK di kiri dan Anies di kanan Presiden Jokowi.

Baik JK dan Anies Baswedan berdiri di barisan depan bersama sang kepala negara. Di belakang Jokowi, ada Mensesneg Pratikno dan beberapa orang lainnya. Jokowi menceritakan momen peresmian kantor DMI ini.

"Hari ini, saya meresmikan gedung kantor Pimpinan Pusat Dewan Masjid Indonesia (DMI) di Jalan Matraman Raya, Jakarta. Sebuah gedung baru yang megah yang dibangun di atas lahan hibah dari pemerintah," kata Jokowi.

Jokowi berharap kantor baru ini membuat DMI--di bawah kepemimpinan Jusuf Kalla--semakin bersemangat menjadikan masjid bukan hanya sebagai tempat beribadah bagi umat Islam, tapi juga sebagai pusat pendidikan, dakwah yang mencerdaskan, tempat musyawarah untuk membangun persatuan, memperkokoh ikatan kebangsaan, serta pusat pengembangan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat.

"Saya mengapresiasi usaha DMI untuk memakmurkan dan dimakmurkan masjid, menjadikan masjid sebagai penguat ekonomi umat dan berusaha membangun masyarakat yang mutamaddin, yang berdaya secara ekonomi, politik, maupun budaya," ujar Jokowi.

Seperti diketahui, JK dan Anies tak jarang dikaitkan. Keduanya dianggap berada dalam satu lingkaran politik.

Tonton videonya di sini:

[Gambas:Video 20detik]



(eva/zak)