Tertukar Sandal Kiai NU Bikin Gergeran Saat Muktamar

Tim detikcom - detikNews
Jumat, 24 Des 2021 21:01 WIB
Ketua Umum PBNU terpilih Yahya Cholil Staquf (kiri) berpelukan dengan mantan Ketua Umum PBNU Said Aqil Siradj (kanan) usai pemilihan Ketua Umum PBNU pada Muktamar Nahdlatul Ulama (NU) ke-34 di Universitas Lampung, Lampung, Jumat (24/12/2021). Yahya Cholil Staquf terpilih sebagai Ketua Umum PBNU periode 2021-2026 pada Muktamar NU ke-34 mengalahkan Said Aqil Siradj. ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/foc.
Muktamar NU ke-34 di Lampung (ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A)
Jakarta -

Muktamar NU ke-34 di Lampung, yang 'panas' sebelum digelar, berakhir sejuk. Pemilihan Ketua Umum PBNU baru ini diwarnai gergeran.

Jauh dari kata ribut-ribut, Muktamar NU yang menghasilkan keputusan Yahya Cholil Staquf menjadi Ketum PBNU periode 2021-2026 lancar hingga selesai. Yahya Staquf mengakui Muktamar NU di luar terkesan seperti 'berantem', tapi fakta berkata lain.

"Dari kemarin kita sudah gergeran terus," kata Gus Yahya di GSG Unila, Jumat (24/12/2021).

"Ini kan teman-teman saja yang masih belum akrab dengan tradisi dan mentalitas NU. Kita kayaknya berantem, tapi sebetulnya gergeran terus," kata Gus Yahya.

Gus Yahya santai menanggapi dinamika dalam proses Muktamar NU di Lampung. Dia menganggapnya sebagai olahraga.

"Saya sudah pernah sampaikan, ini buat kami kaya olahraga sajalah," ujar dia.

Ada satu momen gergeran yang bikin hangat Muktamar NU. Ceritanya, ada sandal kiai yang tertukar.

Di tengah seriusnya sejumlah orang menghitung suara di depan papan, muncul pengumuman lewat pengeras suara.

Panitia mengumumkan soal sandal kiai yang tertukar. Panitia meminta agar yang merasa sandalnya tertukar segera memberi tahu.

"Izin para kiai yang tadi salat Subuh, sebelah kiri sandalnya yang merasa tertukar, mohon. Sandalnya tertukar mungkin sebelah. Sekali lagi, mungkin Pak Yai, yang tadi salat Subuh sebelah kiri sandalnya ada yang merasa tertukar," ujar panitia seperti dilihat di akun YouTube NU, Jumat (24/12/2021).

Cuplikan video pengumuman sandal kiai tertukar ini pun beredar di media sosial. Momen itu disebut menjadi bagian dari muktamar NU yang gembira.

Untuk diketahui, para peserta Muktamar NU mengikuti sidang sejak di GSG Universitas Lampung sejak Kamis (23/12) sore. Agenda sore itu adalah sidang komisi tentang rekomendasi muktamar.

Simak video 'Gus Yahya Jadi Ketum PBNU, Said Aqil: Pilihan yang Sangat Tepat':

[Gambas:Video 20detik]