ADVERTISEMENT

Ketua DPRD DKI Bakal Panggil Manajemen Ancol, Klarifikasi Pinjaman Rp 1,2 T

Tiara Aliya Azzahra - detikNews
Jumat, 24 Des 2021 18:05 WIB
Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetio
Foto: Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetio (Wilda Nufus/detikcom)
Jakarta -

Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetyo Edi Marsudi bakal memanggil PT Pembangunan Jaya Ancol. Dia hendak memastikan apakah pinjaman Rp 1,2 triliun dari Bank DKI itu berkaitan dengan Formula E atau tidak.

"Infonya untuk pembangunan sarana dan prasarana. Apakah ini untuk membangun sirkuit Formula E, karena itu kan termasuk sarana dan prasarana," kata Prasetyo dalam keterangannya, Jumat (24/12/2021).

Pras menilai, pinjaman ini membuktikan bahwa Formula E masih menggunakan dana publik. Sebab, untuk mengembalikan pinjaman tersebut Ancol pasti akan meminta PMD dari pemerintah provinsi DKI Jakarta.

"Jadi ini sudah terlalu rumit, banyak dana publik yang digunakan untuk Formula E. Mulai dari uang APBD, Jakpro, Bank DKI dan sekarang giliran Ancol," ujarnya.


Kritik Seremonial Penyerahan Dana Parpol

Prasetyo juga mempertanyakan acara seremonial penyerahan dana bantuan parpol sebesar Rp 27,2 miliar. Prasetio menilai, semestinya acara seperti itu tak perlu dilakukan karena bantuan keuangan untuk parpol bersifat rutin.

"Jadi ini ada apa, seolah-olah bantuan keuangan itu inisiatif Gubernur, bukan ini perintah undang-undang kok," tegasnya.

Politikus PDIP itu kemudian mengutip Pasal 12 Huruf (k) Undang-undang Nomor 2 Tahun 2008 tentang Partai Politik, di mana dalam aturan tersebut menyebutkan bahwa Parpol berhak memperoleh bantuan keuangan dari APBN/APBD sesuai dengan peraturan perundang-undangan.

Kemudian, mekanisme pemberiannya hingga pertanggungjawaban dari bantuan keuangan tersebut telah dijelaskan detail dalam Peraturan Dalam Negeri (Permendagri) Nomor 36 Tahun 2018 tentang Tata Cara Penghitungan, Penganggaran Dalam APBD Dan Tertib Administrasi Pengajuan, Penyaluran Dan Pelaporan Pertanggungjawaban Penggunaan Bantuan Keuangan Partai Politik.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT