Ini Modal Prabowo Unggul di Elektabilitas Capres Menurut Pengamat

ADVERTISEMENT

Ini Modal Prabowo Unggul di Elektabilitas Capres Menurut Pengamat

Inkana Putri - detikNews
Jumat, 24 Des 2021 16:49 WIB
Menhan Prabowo Subianto
Foto: Kemhan
Jakarta -

Hasil survei KedaiKOPI teranyar mencatat Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo menempati elektabilitas di urutan tertinggi sebagai capres potensial di 2024 dengan perolehan angka 23,9 persen.

Menyoroti hal ini, pengamat politik Hendri Satrio mengatakan keunggulan Prabowo di beberapa survei capres dipengaruhi oleh kinerjanya sebagai Menteri Pertahanan.

"Menurut saya, sampai hari ini, tepat Pak Jokowi memilih Pak Prabowo karena memang dia ahlinya di situ. Dan pertahanan ini menjadi hal utama di pemerintahan Jokowi sejak Pak Prabowo memimpin Kemenhan dan ini baik sekali. Modal dasar ini yang bisa membuat, menurut saya, Pak Prabowo dapat menjaga keunggulan elektabilitas," kata Hensat dalam keterangannya, Jumat (24/12/2021).

Lebih lanjut, Pria yang akrab disapa Hensat ini menjelaskan dari sisi politik, Prabowo yang merupakan Ketum Gerindra berpeluang untuk dapat maju dan memiliki tingkat keterpilihan yang tinggi.

"Pak Prabowo punya tabungan elektabilitas dari dua pemilu (pemilihan umum) sebelumnya. Selain itu, ia juga ketua umum partai politik," katanya.

Pendiri lembaga survei KedaiKOPI ini pun menambahkan saat ini terdapat tiga kriteria calon presiden yang diinginkan publik. Dalam survei KedaiKOPI yang dirilis Minggu (19/12), terjadi pergeseran sikap responden terhadap kriteria calon. Adapun saat ini masyarakat lebih menginginkan capres dengan kriteria cerdas dan visioner.

Hensat menjelaskan kriteria cerdas menempati ranking pertama dengan poin 98,4%, disusul capres visioner dengan poin 98,0% dan kemudian capres merakyat dengan 97,9%. Selanjutnya, kriteria capres tegas memiliki poin 97,2%, berwibawa 96,7%, berpengalaman 96,5%, sederhana 95,1%, tenang 94,8%, berlatar belakang militer/purnawirawan militer 77,7% dan keibuan 51,2%.

"Cerdas dengan program-programnya; visioner [karena] bisa melihat apa kebutuhan pertahanan-keamanan di Indonesia nantinya; dan merakyat, tentu saja jangan tunggu waktu kampanye untuk menyapa rakyat dan pendukungnya," pungkasnya.

Sebagai informasi, dalam survei KedaiKOPI, Prabowo menempati elektabilitas di urutan tertinggi sebagai capres potensial di 2024 dengan angka 23,9%. Hasil ini didapat dari pertanyaan terbuka yang diajukan tim survei. Selanjutnya, posisi ini disusul oleh Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo yang berada di urutan kedua dengan raihan angka 16,4% dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan 12,5% di urutan ketiga.

Dalam survei ini, Prabowo juga unggul dari segi elektabilitas dengan angka 47, 5%, diikuti menteri lainnya seperti Sandiaga Uno 21,9%, dan Tri Rismaharini 12,6%.

Adapun dalam survei lembaga lainnya baru-baru ini, Prabowo menempati posisi teratas. Survei yang dirilis Indikator Politik Indonesia pada (5/12) menunjukkan elektabilitas Prabowo teratas dengan raihan angka 23,7%. Sementara, Ganjar berada pada urutan kedua dengan 20,9% dan Anies di urutan ketiga dengan 15,1%.

(fhs/ega)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT