CD Wanita-Bra Ditemukan di Kuburan Tempat 5 Boneka Mirip Jenglot di Sulsel

Hermawan Mappiwali - detikNews
Jumat, 24 Des 2021 13:55 WIB
5 Boneka mirip jenglot ditemukan warga dikuburan di Luwu, Sulsel diyakini santet dan dibakar. (dok. Istimewa)
Foto: 5 Boneka mirip jenglot ditemukan warga dikuburan di Luwu, Sulsel diyakini santet dan dibakar. (dok. Istimewa)
Luwu -

Warga di Kabupaten Luwu, Sulawesi Selatan (Sulsel), tak hanya menemukan lima boneka mirip jenglot saat menggali kuburan. Selembar celana dalam (CD) wanita dan bra juga ditemukan bersama lima boneka dibungkus kain kafan dengan tusukan jarum pentul tersebut.

"Itu pada saat penggalian selain boneka ditusuk pentul memang ada juga celana dalam sama BH," kata Kapolsek Larompong AKP Ramli saat dimintai konfirmasi, Jumat (24/12/2021).

Dia mengatakan, baik boneka dibungkus kain kafan dipenuhi tusukan pentul serta bra dan celana dalam wanita tersebut ditemukan di satu galian yang sama. Warga setempat juga disebut percaya boneka dan pakaian dalam wanita tersebut memang satu paket.

"Jadi semuanya satu paket menurut keterangan warga," ungkap Ramli.

Warga sendiri mempercayai bahwa boneka dibungkus kain kafan penuh tusukan jarum pentul tersebut sebagai praktik santet, tak terkecuali celana dalam wanita dan bra tersebut.

"Semuanya (boneka-pakain dalam wanita) dipercaya santet sama warga makanya kemarin semuanya dibakar sama mereka tanpa terkecuali," beber Ramli.

Sebelumnya, warga dibuat geger oleh penemuan lima buah boneka dibungkus kain kafan dan penuh tusukan pentul di wilayah Kelurahan Larompong, Kecamatan Larompong, Luwu, pada Rabu (22/12).

Temuan tersebut berawal saat warga sedang menggali kuburan untuk seorang warga yang baru saja meninggal. Saat setengah galian, ditemukan lah boneka dan pakaian dalam wanita.

Warga sempat mengamankan temuannya dengan cara menyimpan boneka-boneka itu ke sebuah kardus. Tapi pada Kamis (23/12), warga memutuskan memusnahkan boneka dan pakaian dalam wanita tersebut dengan cara dibakar.

Lihat juga video 'Melihat Koleksi Jenglot di Museum Galuh Imbanagara Ciamis':

[Gambas:Video 20detik]



(hmw/nvl)