Momen Nostalgia Jokowi-JK di Peresmian Gedung DMI, Anies Tampak Hadir

Tim detikcom - detikNews
Jumat, 24 Des 2021 11:16 WIB
Momen Presiden Jokowi dan JK bernostalgia di acara peresmian gedung PP DMI.
Momen Presiden Jokowi dan JK bernostalgia di acara peresmian gedung PP DMI. (Foto: tangkapan layar video YouTube Sekretariat Presiden)
Jakarta -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan gedung Pimpinan Pusat Dewan Masjid Indonesia (PP DMI) di Matraman. Jokowi duduk berdampingan dengan mantan wapresnya, Jusuf Kalla.

Seperti disiarkan oleh akun YouTube Sekretariat Presiden, Jumat (24/12/2021), Presiden Jokowi mengenakan kemeja hitam. Kursi Presiden berada di samping kursi JK, yang merupakan Ketua Umum PP DMI.

Di acara tersebut, hadir pula Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Nama Anies disebut oleh pembawa acara hadir di acara tersebut.

Presiden Jokowi resmikan gedung Kantor PP DMI.Presiden Jokowi meresmikan gedung kantor PP DMI. (Foto: dok. tangkapan layar YouTube Sekretariat Presiden)

Kehadiran Anies tidak disorot oleh kamera dari depan. Namun, dari kamera belakang, terlihat Anies duduk sejajar dengan Jokowi, namun diselang oleh satu kursi. Anies duduk di pojok depan sebelah kanan.

Di acara tersebut, JK dan Jokowi menyampaikan sambutan. Selain soal serah-terima gedung dari pemerintah ke PP DMI, mereka bicara soal peran masjid. Masjid bukan hanya tempat ibadah, tapi juga pemberdayaan masyarakat.

"Memakmurkan dan dimakmurkan. Bagaimana masjid memakmurkan masyarakat. Kita punya keterbelakangan bidang ekonomi. Masjid boleh indah tapi kita lihat rumah sekitar perlu dibantu," kata JK dalam sambutannya.

Momen Presiden Jokowi dan JK bernostalgia di acara peresmian gedung PP DMI.Momen Presiden Jokowi dan JK bernostalgia di acara peresmian gedung PP DMI. (Foto: tangkapan layar video YouTube Sekretariat Presiden)

Harapan Presiden, masjid tidak hanya menjadi tempat ibadah. Tapi juga menjadi tempat beberapa kegiatan di masyarakat.

"Bukan hanya sebagai tempat beribadah, tapi juga berfungsi sebagai pusat pendidikan, pusat dakwah yang mencerdaskan," kata Jokowi.

"Dan juga berfungsi untuk tempat musyawarah untuk membangun persatuan untuk memperkokoh kebangsaan, dan juga pusat pengembangan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat," kata Jokowi.

Simak Video 'Resmikan Kantor DMI, Jokowi Ingin Masjid Jadi Penguat Ekonomi Umat':

[Gambas:Video 20detik]




(aik/dhn)