Buka Rakerwil DMI Jatim 2021, JK Pesan Agar Masjid Dimakmurkan

Faiq Azmi - detikNews
Senin, 20 Des 2021 20:39 WIB
jusuf kalla
Ketua Umum DMI Jusuf Kalla hadir dalam pembukaan Rakerwil DMI Jatim 2021 (Foto: Faiq Azmi)
Surabaya - Ketua Umum Dewan Masjid Indonesia (DMI) Jusuf Kalla (JK) hadir dalam pembukaan Rakerwil DMI Jatim 2021 di Surabaya, Senin (20/12). JK berpesan kepada seluruh pengurus DMI Jatim untuk memakmurkan masjid.

"Selalu saya sampaikan tentang visi dari pada dewan masjid yaitu memakmurkan dan dimakmurkan masjid," kata JK

Menurut JK, ada tiga kelompok yang dapat memakmurkan masjid. Yang pertama, orang yang membangun masjid. Kedua, orang yang mengurus masjid, mulai imam, pengurus hingga marbot.

"Kalau dibangun baik, tanpa diurus baik ya gak makmur masjid itu. Dan yang ketiga, yang sangat penting adalah jemaah masjid, yang berjemaah. Walau masjidnya bagus indah pengurusnya bagus, tapi jemaahnya kurang itu tentu kurang makmur masjid," bebernya.

Mantan Wapres RI dua periode ini mengatakan, ada harapan masjid memakmurkan masyarakatnya. Melalui pemberdayaan ekonomi oleh jemaah.

"Karena terjadi ketimpangan, ialah walaupun umat islam di Indonesia jumlahnya 88 persen , tapi ekonomi, kemampuan jauh dari itu. Karena itu maka kita harus berusaha meningkatkan ekonomi umat ini sebaiknya," tegasnya.

"Bagaimana masjid itu, tempat berkumpulnya ide-ide semangat berusaha, bertani, berkebun itu muncul harus dilakukan sama-sama. Disamping berbicara tentang akhirat, kita lebih dulu bicara dunia," imbuhnya.

Sementara Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa yang turut hadir mengatakan, sinergitas antara DMI dengan pemerintah harus terus terjalin. Menurut Khofifah, transformasi digital membuka peluang perekonomian di lingkungan masjid.

"Kami berharap DMI Jatim terus berseiring untuk memakmurkan masjid. Hari ini, transformasi digital memungkinkan bisa memberi percepatan ekonomi di lingkungan masjid. Ada remaja masjid bisa dimaksimalkan, di mana transformasi digital jadi pintu masuk utama bagi UMKM," kata Khofifah.

"Saat ini di Jatim, ada industri halal UMKM di Sidoarjo, yang sudah MOU dengan Bank Jatim. Hari ini Indonesia importir terbesar halal food, harapannya nanti eksportir halal food. Sinergitas DMI dan pemberdayaan ekonomi di halal food, menjadi pintu masuk yang mensejahterakan umat," sambungnya.

Ketum PP Muslimat NU ini berterima kasih atas masukan dan saran dari JK untuk DMI Jatim. "Mudah-mudahan sering ke Jatim Pak JK, memberi penguatan ke kita semua," tandasnya. (iwd/iwd)