ADVERTISEMENT

Blak-blakan Irjen Pol Fadil Imran

Cerita Kapolda Metro 21 Tahun Berupaya 'Jinakkan' Balapan Liar

Deden Gunawan - detikNews
Jumat, 24 Des 2021 06:53 WIB
Jakarta -

Kepala Polda Metro Jaya Irjen Pol Fadil Imran memang baru melontarkan ide ke publik untuk memfasilitasi balapan liar ke sebuah sirkuit khusus pada akhir November 2021. Tapi sejatinya dia sudah memberi perhatian terkait isu ini sejak masih menjadi Kapolsek Cengkareng pada 1998, dan Tanah Abang pada tahun 2000.

"Balapan liar ini sudah sejak dulu. Salah satu lokasi favorit itu di Jalan Asia Afrika, Gelora Senayan. Waktu Kapolsek Tanah Abang saya sering mendengar keluhan dari para tamu hotel karena terganggu suara bising balapan," ungkap Fadil Imran saat ditemui Tim Blak-blakan di kantornya, Kamis (23/12/2021).

Dengan kewenangan yang lebih besar sebagai Kapolda, akhirnya dia bertekad untuk segera melakukan intervensi dan mentransformasikan energi anak-anak muda di jalanan ke area khusus yang tak mengganggu kepentingan publik. Dia ingin potensi kaum muda di ajang balapan ini melahirkan figur-figur berprestasi. "Kita punya Mandalika, masak cuma (jadi) penonton orang asing yang balapan," ujar Fadil Imran.

Setelah berbicara dengan Pemprov DKI, Ikatan Motor Indonesia (IMI) akhirnya disepakati lokasinya di Ancol. Cikarang, kata Fadil, sempat menjadi alternatif. Tapi lokasinya terlalu jauh untuk dapat dijangkau anak-anak muda di Jakarta. Sementara area Buperta Cibubur yang sempat dilirik, jalannya relatif sempit dan kurang panjang. Sementara di lokasi lain yang ada tapi dekat dengan pemukiman warga.

"Street race itu butuh (jalan) yang lebar dan panjang sekitar 400 meter, jauh dari pemukiman. Akhirnya Ancol karena dia juga ikon Jakarta. Rupanya Ancol juga sedang membangun konsep otomotif entertainment (untuk Formula E)," papar Kapolres Jakarta Barat, 2012-2015 itu.

Ia memastikan anak-anak muda yang selama ini punya hobi balapan di jalanan dapat menikmati sirkuit di Ancol dengan gratis mulai 15 Januari 2022. Syaratnya, mereka mendapat izin tertulis dari orang tua dan harus mengenakan perlengkapan balap demi keselamatan.

"Direktur Roda Dua IMI akan menyiapkan perlengkapan pembalap, mulai dari helm, body protector, wearpack, sampai sepatu, nanti disiapkan gratis oleh IMI," terang Fadil Imran. Tak cuma itu. Pihak Agen Tunggal Pemegang Merek (ATPM) juga akan berpartisipasi dengan memberikan pendidikan cara membalap yang baik, safety.

Pada bagian lain, Fadil Imran juga memaparkan berbagai upaya untuk membenahi ormas-ormas yang ada agar lebih berdaya guna di tengah masyarakat. Juga membina beberapa kampung yang selama ini menjadi lahan peredaran narkoba. Selengkapnya, saksikan Blak-blakan Fadil Imran, "Transformasi Balapan Liar hingga Ormas", Jumat (24/12/2021).

(ddg/jat)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT