Masjid Al-Markaz Makassar Diterjang Puting Beliung, Sejumlah Fasilitas Rusak

ADVERTISEMENT

Masjid Al-Markaz Makassar Diterjang Puting Beliung, Sejumlah Fasilitas Rusak

Hermawan Mappiwali - detikNews
Kamis, 23 Des 2021 16:05 WIB
Puting beliung terjang Masjid Al-Markaz Makassar. (dok. Istimewa)
Puting beliung menerjang Masjid Al-Markaz Makassar. (Dok. Istimewa)
Makassar -

Angin puting beliung menerjang kawasan Masjid Al Markaz Al Islami, Kota Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel). Sebanyak 15 pohon tumbang serta sejumlah fasilitas masjid dilaporkan rusak.

"Lima belas pohon (tumbang), pohonnya memang sudah tua-tua," ujar Sekretaris Masjid Al-Markaz Nadjamuddin kepada detikcom, Kamis (23/12/2021).

Peristiwa angin puting beliung yang disertai hujan deras tersebut terjadi sekitar pukul 14.00 Wita, siang tadi. Beruntung, tak ada korban jiwa dalam peristiwa ini.

Menurut Nadjamuddin, angin puting beliung datang dari belakang masjid, tepatnya dari arah Jalan Kandea. Angin puting beliung kemudian menerjang bagian samping masjid.

"Memang dari belakang itu dari arah (Jalan) Kande, sempat melintas di Masjid Al Markaz tapi bukan pas badan masjid, sampingnya," ungkapnya.

Dia melanjutkan, peristiwa ini berlangsung cukup lama sehingga mengakibatkan pohon-pohon tumbang.

"Jadi yang berdampak itu pohonnya saja, ada 15. Pohonnya memang posisinya tidak ada bangunan karena dia di tengah. Nanti kita remajakan lagi," kata Nadjamuddin.

Selain pohon-pohon yang tumbang, angin puting beliung menyebabkan sejumlah fasilitas masjid rusak. Namun Nadjamuddin menilai tak ada kerusakan berarti.

"Jadi sebenarnya yang rusak pembatas ruangan yang memang itu terbuat dari aluminium yang menyekat antara taman belajar, taman kanak-kanak," kata Nadjamuddin.

"Jadi itu bukan tembok sehingga tidak ada kekuatan. Jadi hanya dibuat untuk penyekat menjadi beberapa ruangan di situ," imbuh dia.

(hmw/nvl)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT