Viral Petugas Dishub Medan Ribut dengan YouTuber Ngaku LSM Saat Razia Angkot

Ahmad Arfah Fansuri Lubis - detikNews
Kamis, 23 Des 2021 13:11 WIB
Screenshot keributan antara YouTuber dengan Dishub Medan (dok. Istimewa)
Foto: Screenshot keributan antara YouTuber dengan Dishub Medan (dok. Istimewa)
Medan -

Video menunjukkan keributan antara personel dari Dinas Perhubungan (Dishub) Medan dan seorang pria mengaku sebagai YouTuber sekaligus anggota LSM viral. Dishub Medan menjelaskan duduk perkaranya.

Dilihat detikcom, Kamis (23/12/2021), dalam video yang beredar terlihat keributan itu terjadi di pinggir jalan. Keributan itu disebut terjadi saat ada razia terhadap sopir angkot.

Pria yang kemudian diketahui sebagai salah seorang YouTuber bernama Joniar itu terlihat menunjukkan identitasnya sebagai anggota salah satu LSM. Dia juga terlihat merekam setiap aktivitas razia hingga keributan dengan menggunakan handphone dan kamera yang terpasang di badannya.

Petugas Dishub yang berada di lokasi mengatakan razia itu digelar sesuai aturan. Mendengar jawaban itu, YouTuber tersebut mengatakan aktivitas merekam dan LSM tempatnya bernaung juga sah.

"Kita juga sah," kata pria itu sembari menunjukkan kartu LSM.

Kabid Penertiban Dishub Kota Medan, James, mengatakan peristiwa itu terjadi saat razia angkot pada Rabu (22/12). James mengatakan YouTuber itu selalu mengikuti aktivitas razia angkot yang mereka lakukan.

"Dari awal kita razia angkot dia sering meliput. Setiap dia nanya, kita jawab," ucap James.

James mengatakan razia tersebut dilakukan ini atas perintah Wali Kota Medan Bobby Nasution untuk menertibkan sopir angkot yang terlibat narkoba. Saat razia itu, kata James, YouTuber tersebut sering menyampaikan pertanyaan yang menuding razia itu tidak berizin.

"Tapi pertanyaan dia kontroversi terus, mengarah bilang ada pungutan liar, nggak sesuai SOP. Ini kan razia gabungan, nggak mungkin TNI-Polri mengirim personel tanpa ada surat perintah tugas," tuturnya.

Lihat juga video 'Heboh Lansia Tak Bermasker Ludahi-Pukul Petugas KRL':

[Gambas:Video 20detik]



Simak selengkapnya di halaman selanjutnya.