Densus 88 Tangkap 3 Terduga Teroris JAD di Kalimantan Tengah

Mulia Budi - detikNews
Rabu, 22 Des 2021 16:17 WIB
Ilustrasi: pembunuhan, mayat, bunuh diri, garis polisi, police line
Ilustrasi (Thinkstock)
Jakarta -

Tim Detasemen Khusus (Densus) 88 Antiteror Polri menangkap 3 terduga teroris di Kalimantan Tengah. Ketiga teroris tersebut termasuk dalam jaringan Jamaah Ansharut Daulah (JAD).

"Jadi kami sampaikan benar bahwa berdasarkan hasil pengembangan jaringan terorisme kemarin tanggal 21 dan 22 Desember, Densus 88 Antiteror Polri telah melakukan penangkapan terhadap 3 orang tersangka. Yang mana 3 orang tersangka tersebut merupakan bagian dari jaringan terorisme JAD," kata Kepala Bagian Penerangan Umum (Kabag Penum) Divisi Humas Polri Kombes Ahmad Ramadhan kepada wartawan, Rabu (22/12/2021).

Ramadhan mengatakan Densus 88 saat ini tengah melakukan pendalaman dan pengembangan untuk menentukan peran dari ke ketiga teroris tersebut. Dia juga bicara mengenai kemungkinan adanya tersangka lain di kasus ini.

"Densus 88 akan melakukan pendalaman akan melakukan pengembangan, untuk menentukan peran dari ketiga tersangka teroris tersebut, dan tentu juga mengembangkan menggali lagi kemungkinan dari tersangka-tersangka lain yang terlibat," kata Ramadhan.

Lebih lanjut, Kabag Banops Densus 88 Antiteror Kombes Aswin Siregar mengatakan ketiga terduga teroris itu ditangkap di Kalimantan Tengah pada 21 Desember 2021. Hingga saat ini, pihaknya masih menggeledah sejumlah barang bukti.

"(Penangkapan) di Kalimantan Tengah, 21 Desember 3 orang jaringan Anshor Daulah, memang kegiatan berlangsung hingga dini hari tadi. Termasuk penggeledahan dan pemindahan," ujar Aswin saat dimintai konfirmasi terpisah.

Aswin mengatakan salah satu teroris bernama Muhammad Said yang sebelumnya ditangkap di Palangka Raya, Kalteng. Sedangkan dua orang terduga teroris lainnya belum diketahui namanya, Aswin dan Ramadhan masih enggan menjelaskan rinci terkait penangkapan itu.

"Ya (Muhammad Said termasuk dalam tiga teroris yang ditangkap di Kalteng)," ujar Aswin.

Diberitakan sebelumnya, Tim gabungan Satuan Brigade Mobil (Satbrimob) Polda Kalimantan Tengah dan Densus 88 Antiteror menangkap seorang terduga teroris berinisial MS di Palangka Raya. Penangkapan dilakukan di Hotel Hawai kamar nomor 323. Hotel tersebut berlokasi di Jalan Bubut, Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah.

(zap/zap)