Jejak Aktivitas Terorisme 2 Anggota Jamaah Islamiyah Ditangkap di Babel

Adhyasta Dirgantara - detikNews
Senin, 20 Des 2021 16:28 WIB
Kabag Penum Divisi Humas Polri Kombes Ahmad Ramadhan (Foto: Dok. Humas Polri)
Kabag Penum Divisi Humas Polri Kombes Ahmad Ramadhan (Dok. Humas Polri)
Jakarta -

Polri membeberkan rekam jejak aktivitas terorisme yang dilakukan dua terduga teroris jaringan Jamaah Islamiyah (JI) berinisial JAQ dan IU yang ditangkap di Bangka Belitung (Babel). JAQ sudah berbaiat kepada JI sejak tahun 2005 silam.

"Keterlibatan JAQ: Anggota JI, sekitar tahun 2005 berbaiat kepada JI, merupakan Qoid T3 (Taklim, Tarbiyah, dan Tahmidz) wilayah Babel," ujar Kabag Penum Divisi Humas Polri Kombes Ahmad Ramadhan saat dimintai konfirmasi, Senin (20/12/2021).

JAQ ditangkap tim Densus 88 Antiteror Polri pada Jumat (17/12) sekitar pukul 07.55 WIB. JAQ dibekuk Densus 88 di Jalan Kenangan, Padang Mulia, Koba, Bangka Tengah, Bangka Belitung.

Kemudian, Ramadhan menjelaskan, JAQ pernah mengikuti pelatihan untuk meningkatkan kemampuan dakwah pada 2013 lalu. JAQ mengikuti pelatihan bersama anggota JI lainnya.

"Sekitar tahun 2013, mengikuti pelatihan peningkatan kemampuan dakwah KPQN di Yogyakarta bersama anggota JI lainnya," tuturnya.

Polisi juga mengungkapkan jejak aktivitas yang dilakukan oleh terduga teroris IU. IU disebut Ramadhan sudah berbaiat kepada JI sejak 2014.

"Keterlibatan IU: Anggota JI. Sekitar tahun 2014, sudah berbaiat kepada JI. IU pernah menjabat dalam anggota bidang dakwah T3 Bidang Taklim," ucap Ramadhan.

Dia mengatakan IU turut mengajar di sebuah pesantren untuk merekrut anggota JI. IU tercatat menjadi seorang direktur (mudir) di sebuah pondok pesantren (ponpes).

"Mengajar di Pesantren Mahasiswa Ulul Albab dengan tujuan merekrut anggota JI, tergabung dalam grup MDJ (Media Dakwah Jogja) kelompok JI, mudir di Ponpes Mahad Dzaidz Bin Tsabith," imbuhnya.

Sebelumnya, tim Densus 88 Antiteror Polri menangkap dua orang terduga teroris. Keduanya ditangkap di Babel.

"Benar. Diamankan pada Jumat (17/12), ada 2 terduga teroris yang diamankan Densus 88 Antiteror Polri," jelas Kabid Humas Polda Babel Kombes Maladi melalui keterangan tertulis, Senin (20/12).

Menurutnya, keduanya merupakan terduga teroris jaringan kelompok Jamaah Islamiyah (JI). Terduga teroris berinisial JAQ dan IF ditangkap di dua lokasi yang berbeda.

JAQ ditangkap di Jalan Kenanga Padang Mulia Kecamatan Koba. Sedangkan IF ditangkap di Jalan Jenderal Sudirman, Kecamatan Koba, Kabupaten Bangka Tengah, Babel.

"Kita Polda Babel hanya mem-backup Densus 88 Antiteror Polri," tegas Kombes Maladi.

(drg/jbr)