Iriana di Hari Ibu: Perempuan Pilar dan Penggerak Pembangunan Bangsa

Marlinda Oktavia Erwanti - detikNews
Rabu, 22 Des 2021 15:56 WIB
Jakarta -

Hari ini merupakan peringatan Hari Ibu ke-93. Ibu Negara Iriana Joko Widodo mengatakan Hari Ibu merupakan tonggak penting gerakan perempuan Indonesia untuk ikut memajukan bangsa dan negara.

"Hari Ibu tidak semata sebagai momen untuk mengucapkan terima kasih atas jasa para ibu, tapi sekaligus menjadi saat yang tepat untuk memberikan perhatian dan pengakuan atas eksistensi perempuan, atas peran-peran penting kaum ibu dalam berbagai sektor pembangunan," kata Iriana dalam puncak peringatan Hari Ibu ke-93 tahun 2021, Rabu (22/12/2021).

Iriana mengatakan Hari Ibu harus menjadi momentum untuk membangkitkan semangat kaum perempuan Indonesia. Untuk lebih berani berbicara dan menunjukkan potensinya.

"Semakin berdaya membangun kesetaraan dan kehidupan yang sejahtera, serta semakin inovatif berkontribusi bagi kemajuan bangsa," ungkapnya.

Iriana melanjutkan, selama pandemi ini, kaum perempuan dan ibu telah membuktikan ketangguhan dan daya juangnya untuk bertahan dari berbagai kesulitan guna melindungi anak, keluarga, dan orang sekitarnya agar tetap sehat tenang dan produktif.

Menurut Iriana, hal tersebut menguatkan keyakinan bahwa perempuan adalah pilar sekaligus penggerak penting pembangunan bangsa.

"Situasi ini semakin menguatkan keyakinan bahwa perempuan adalah pilar sekaligus penggerak penting pembangunan bangsa," kata Iriana.

Karena itu, Iriana mengajak kaum ibu dan perempuan Indonesia tidak berhenti berjuang. Terutama berjuang untuk kemajuan perempuan Indonesia.

"Perempuan-perempuan Indonesia harus menjadi perempuan yang berdaya terdepan dalam pembentukan karakter bangsa menyiapkan generasi masa depan yang kuat dan tangguh. Kita harus terus bergerak bersama elemen bangsa yang lain untuk menurunkan angka stunting, menurunkan angka kematian ibu saat melahirkan, menekan tingkat kekerasan terhadap perempuan dan anak, serta memperkuat ekonomi keluarga dengan menggerakkan semangat kewirausahaan," tutur dia.

"Saya yakin dengan ketangguhan dan peran-peran strategisnya kaum perempuan Indonesia, para ibu Indonesia di seluruh pelosok tanah air akan semakin berdaya untuk mewujudkan Indonesia maju," imbuh Iriana.

(mae/imk)