Sirkuit Formula E Jakarta Resmi di Ancol, Ini 6 Informasinya

Tim detikcom - detikNews
Rabu, 22 Des 2021 12:46 WIB
Sirkuit Formula E Jakarta Resmi di Ancol, Ini 6 Informasinya
Sirkuit Formula E Jakarta Resmi di Ancol, Ini 6 Informasinya - Panitia saat mengumumkan sirkuit formula E di Ancol (Foto:Tiara Aliya/detikcom)
Jakarta -

Sirkuit Formula E Jakarta resmi diumumkan. Panitia mengumumkan secara resmi lokasi balapan mobil listrik akan digelar di Ancol.

Sebelumnya, ada dua opsi sirkuit formula E Jakarta. Yaitu Ancol dan JiExpo Kemayoran. Lalu bagaimana serba-serbi soal sirkuit Formula E Jakarta yang resmi ditetapkan di Ancol? detikcom merangkum ulasannya berikut ini.

Sirkuit Formula E Jakarta Diumumkan di Ancol

Pengumuman sirkuit Formula E Jakarta disampaikan langsung oleh Ketua Pelaksana Formula E Ahmad Sahroni. Panitia menyampaikan lokasi balapan mobil listrik bakal digelar di Ancol, Jakarta.

"Karena ini langsung diberikan approval oleh FIA dan FEO sendiri, maka dua lembaga tersebut mengkaji dan evaluasi tempat-tempat yang sudah ada. Dari akhir, dua lembaga tersebut baru tadi pagi diberikan approval sirkuit untuk penyelenggaraan Formula E di Jakarta di Ancol," kata Ketua Pelaksana Formula E Ahmad Sahroni di Ancol, Jakarta Utara, Rabu (22/12/2021).

Alasan Ancol Dipilih Jadi Sirkuit Formula E Jakarta

Terpilihnya Ancol sebagai sirkuit Formula E didasari sejumlah alasan. Seperti dari segi lokasinya.

"Pertama, Ancol adalah tempat dinamis, ikonik Jakarta, dan tempat tidak ganggu prasarana jalan masyarakat, jalan lain. Tertutup pelaksanaannya pada event satu hari Juni tanggal 4 2022," kata Sahroni.

Sahroni menjelaskan setidaknya ada dua manfaat pemilihan Ancol sebagai sirkuit Formula E Jakarta, yaitu:

  • Sisi Pembangunan Sirkuit
  • Segi Bisnis

"Ada dua manfaat dan selebihnya ada manfaat pada saat pelaksanaan dimulai 4 Juni. Baik dari sisi lokasi, pendapatan pelaksanaan branding segala macam, itulah kenapa approval FIA dan FEO di Ancol," ucapnya.

"Dan tidak perlu lagi bangun sirkuit dari nol, karena Formula E beda dengan Formula 1. Yang dibangun seperti Mandalika, yang eksis dalam konteks balapan Formula 1," sambung Sahroni.

Gambaran Sirkuit Formula E Jakarta di Ancol

Desain sirkuit Formula EDesain sirkuit Formula E seperti kuda lumping Foto: Desain sirkuit Formula E (Tiara Aliya-detikcom)

Jakpro menjelaskan gambaran soal sirkuit Formula E Jakarta yang berada di Ancol, Jakarta Utara. Disebutkan sirkuit akan berbentuk seperti kuda lumping.

"Gambaran sirkuit bisa dilihat seperti apa rupanya? Kuda lumping. Filosofinya kuda lumping apa? Itu nasional," kata Direktur Utama Jakpro Widi Amanasto di Ancol, Jakarta Utara, Rabu (22/12/2021).

Berikut gambaran lintasan sirkuit Formula E:

  1. Memiliki panjang 2,1 kilometer dengan lebar 16 meter.
  2. Sirkuit ini akan terdiri dari 18 tikungan dan arah lintasan clockwise.
  3. Dari sirkuit akan terlihat Jakarta International Stadium (JIS) untuk menggambarkan ikon Ibu Kota.
  4. Di samping kiri dan kanan jalan terdapat area kosong yang akan digunakan untuk tribun penonton.
  5. Titik start dan finish sirkuit Formula E berada di parkiran Pantai Karnaval Ancol.

Panitia Tak Bangun Sirkuit Baru di Ancol

Panitia pelaksana memastikan pihaknya tidak akan membangun sirkuit baru di Ancol. Formula E akan dilaksanakan di jalan yang sudah tersedia.

"Nah Formula E sendiri itu area jalan raya yang bisa di-approve FEO dan FIA dengan kondisi dan desain dari mereka dan alhamdulillah, nanti akan ditayangkan gambar yang sudah di-approve," kata Sahroni.

"Tidak perlu lagi membangun sirkuit dari nol karena Formula E beda sama F1 yang harus dibangun dari awal seperti Mandalika," kata Sahroni.

Sahroni mengatakan jalan di lokasi akan dipoles mulai Januari 2022. Dia menargetkan jalanan di Ancol mulus dalam 3 bulan.

"Kita targetkan 3 bulan sampai April semua perbaikan yang mendukung sirkuit ada. Startnya Januari," kata Sahroni.

Sirkuit Formula E Jakarta tak akan gunakan APBD DKI. Simak informasinya di halaman selanjutnya.

Saksikan Video 'Melihat Lebih Dekat Lintasan yang Akan Jadi Sirkuit Formula E 2022':

[Gambas:Video 20detik]