Bupati Kebumen Gelar Lomba Inovasi Desa, Hadiah 12 Unit Mobil

Rinto Heksantoro - detikNews
Selasa, 21 Des 2021 17:11 WIB
Bupati Kebumen Gelar Lomba Inovasi Desa, Hadiah 12 Unit Mobil
Foto: Dok. Pemkab Kebumen
Jakarta -

Bupati Kebumen Arif Sugiyanto secara resmi meluncurkan Aplikasi Lomba Desa yang berhadiah 12 unit mobil. Program tersebut dilaksanakan guna mendukung pembangunan desa agar lebih maju dan mandiri.

Peluncuran dilaksanakan di sela-sela acara rapat evaluasi pembangunan desa 2021 di Gedung Pertemuan Sekda, pada Selasa (21/12/2021). Turut hadir dalam acara tersebut seluruh kepala desa dan sejumlah pimpinan OPD.

Arif Sugiyanto menyampaikan pemerintah daerah senantiasa menunjukan perhatian terhadap pembangunan desa, mengingat desa merupakan entitas penyelenggaraan pemerintahan dan pelayanan publik yang bersentuhan langsung dengan kepentingan masyarakat.

Oleh karena itu, untuk mendukung pembangunan desa agar lebih maju dan mandiri, pemerintah perlu membuat program berkelanjutan dengan diadakannya lomba inovasi desa. Lomba ini akan memperebutkan 12 mobil sebagai hadiah utama bagi desa yang menang di setiap kategori.

"Untuk lomba inovasi desa ini sudah kita siapkan 12 mobil. Ini adalah komitmen kami sejak menjadi wakil bupati sampai menjadi bupati untuk mendorong agar desa bisa lebih maju, lebih inovatif, mandiri, dan sejahtera rakyatnya," kata Arif Sugiyanto.

Arif menekankan lomba ini tidak bisa diintervensi oleh siapapun karena sudah melalui sistem yang jelas. Bagi desa yang aktif melakukan kegiatan inovasi dan melaporkannya melalui sistem tersebut, maka akan mendapat penilaian yang baik.

"Untuk kategori lomba ini macam-macam ya, ada dari sisi pelayanan masyarakat, pemberdayaan sosial, keterbukaan publik, penggunaan anggaran, sampai pada penggunaan teknologi informasi dan kebencanaan," terangnya.

Lomba desa ini sudah mulai berlangsung dan akan diumumkan pemenangnya pada pertengahan tahun depan. Untuk itu, Arif berharap kepada setiap desa untuk ikut serta berkompetisi secara positif dan sportif. Siapa pun nanti desa yang memenangkan lomba ini nantinya diharapkan bisa menjadi contoh dan teladan bagi desa lain.

Tidak lupa dalam kesempatan itu, pihaknya juga memperlihatkan sepeda motor NMAX yang sudah siap dibagikan kepada 449 kepala desa yang ada di Kebumen. Sepeda motor itu akan diberikan sebagai fasilitas untuk menunjang kinerja kepala desa.

(akd/ega)