Kodam Jaya Evaluasi Cegah Anggota Tulis Nomor HP di Paspor Mahasiswi Terulang

Kadek Melda Luxiana - detikNews
Selasa, 21 Des 2021 07:56 WIB
Ilustrasi Paspor Indonesia
Ilustrasi paspor (Foto: iStock)
Jakarta -

Kodam Jaya menyatakan bakal melakukan evaluasi usai ada anggotanya yang menulis nomor ponsel di paspor milik mahasiswi yang sedang karantina di Wisma Atlet, Jakarta. Evaluasi akan dilakukan demi mencegah kejadian berulang.

"Sangat disayangkan kejadian ini sampai terjadi, kami akan evaluasi agar tidak terulang lagi," kata Kapendam Jaya Letkol Cpm Dwi Indra Wirawan kepada wartawan, Senin (20/12/2021).

Indra mengatakan anggota TNI yang menulis nomor HP di paspor mahasiswi itu telah menyalahi prosedur. Dia mengatakan kedua belah pihak sudah dimediasi.

"Benar ada kesalahan prosedur yang dilakukan oleh anggota kami terhadap dokumen milik mereka (mahasiswi). Sudah dilakukan mediasi, pelaku akan ganti rugi dengan penggantian paspor baru," tuturnya.

Indra menyampaikan korban sepakat untuk tidak memperpanjang persoalan tersebut. Meski demikian, Indra memastikan anggota TNI tersebut akan diberi sanksi.

"Korban sepakat untuk tidak memperpanjang permasalahan, namun terhadap pelaku tetap akan diberikan sanksi hukuman," ujarnya.

Sebelumnya, dalam tangkapan layar yang beredar tertulis si pemberi pesan meminta perhatian karena kondisi di Wisma Atlet sedang chaos. Si pemberi pesan menyampaikan jika ada anggota TNI yang menuliskan nomor HP di paspor paspor mahasiswi salah satu Universitas Internasional.

"Pak/Bu saya mohon perhatiannya. Di Wisma memang chaos sepertinya. Ada TNI yang menuliskan nomor HP-nya di Paspor IISMA Awardee (disensor). Saya pikir ini jelas tidak boleh, karena paspor adalah dokumen resmi negara," tulis isi chat dalam tangkapan layar tersebut.

Simak juga 'Polisi Imbau Mahasiswi Korban Dugaan Pelecehan Dosen UNJ Melapor':

[Gambas:Video 20detik]



(haf/fjp)