Amalan Kunci Rezeki dan Terhindar Siksa Api Neraka, Ini Kata Syekh Ali Jaber

Rahma Indina Harbani - detikNews
Selasa, 21 Des 2021 05:30 WIB
Syekh Ali Jaber meninggal dunia pagi tadi karena sakit Kamis, (14/1). Syekh Ali Jaber  adalah ulama besar dan penghapal Al-Quran yang lahir di Madinah.
Syekh Ali Jaber. (Foto: pool)
Jakarta -

Umat muslim pada umumnya memohon ampunan pada Allah SWT agar terhindar dari siksa api neraka maupun memohon agar diberikan kemudahan rezeki dalam menjalani kehidupan sehari-hari. Ada satu amalan yang disebut mendiang Syekh Ali Jaber yang dapat mencakup itu semua.

Lantas, amalan apa yang dimaksud?

"Istigfar bukan hanya membawa kita selamat dari siksa Allah SWT. Bahkan istigfar (adalah) kunci rizki (dan) kunci memberikan kemudahan keturunan," ungkap Syekh Ali Jaber dalam video dakwahnya yang diunggah melalui channel YouTube Kurma TV dan dilihat detikcom, Senin (20/12/2021).

Berdasarkan penuturan dari ulama kelahiran Madinah tersebut, istigfar merupakan amalan yang dapat memberikan jaminan bagi umat muslim terhadap siksa api neraka. Amalan ini bahkan disebutnya sebagai amalan mulia yang dapat dikerjakan oleh seorang hamba Allah SWT.

"Salah satu kemuliaan seorang hamba, bahkan amalan itu menjaminkan kita selamat dari siksa Allah SWT adalah istigfar," kata Syekh Ali Jaber.

Pemaparan ulama berkebangsaan Arab ini tentunya juga dilandasi oleh salah satu dalil dalam Al Quran. Syekh Ali Jaber mengatakan, bukti bahwa amalan istigfar sangat dianjurkan kepada umat muslim sebenarnya sudah diterangkan secara gamblang dalam surat An Nuh ayat 10-12. Berikut bunyi bacaannya,

(10) فَقُلْتُ اسْتَغْفِرُوا رَبَّكُمْ إِنَّهُ كَانَ غَفَّارًا
(11) يُرْسِلِ السَّمَاءَ عَلَيْكُمْ مِدْرَارًا
(12) وَيُمْدِدْكُمْ بِأَمْوَالٍ وَبَنِينَ وَيَجْعَلْ لَكُمْ جَنَّاتٍ وَيَجْعَلْ لَكُمْ أَنْهَارًا

Bacaan latin: fa qultustagfirụ rabbakum innahụ kāna gaffārā. yursilis-samā`a 'alaikum midrārā. wa yumdidkum bi`amwāliw wa banīna wa yaj'al lakum jannātiw wa yaj'al lakum an-hārā

Artinya: maka aku berkata (kepada mereka), "Mohonlah ampunan kepada Tuhanmu, Sungguh, Dia Maha Pengampun, niscaya Dia akan menurunkan hujan yang lebat dari langit kepadamu, dan Dia memperbanyak harta dan anak-anakmu, dan mengadakan kebun-kebun untukmu dan mengadakan sungai-sungai untukmu."

Untuk itu, beliau berpesan agar umat muslim dapat merutinkan kebiasaan baik dengan membaca istigfar setiap hari dan setiap malamnya. Syekh Ali Jaber juga mengingatkan umat muslim untuk memperbanyak istigfar.

"Istigfar yang sepanjang hari bahkan sepanjang malam. Jangan bosan perbanyak istigfar. Sebagaimana Allah SWT menjaminkan kita keselamatan dari siksaNya," papar dia.

"Mari kita sama-sama menjaga istiqomah istigfar agar kita menjadi ahli istigfar di sisi Allah SWT," sambung dia lagi.

Yuk, kita sama-sama memperbanyak istigfar, detikers!

(rah/lus)