Obat Segala Penyakit dari Syekh Ali Jaber, Ini Rahasianya

ADVERTISEMENT

Obat Segala Penyakit dari Syekh Ali Jaber, Ini Rahasianya

Rahma Indina Harbani - detikNews
Kamis, 25 Nov 2021 17:47 WIB
Ali Saleh Mohammed Ali Jaber
Syekh Ali Jabar, seperti apa obat penawar segala penyakit yang diungkapkan beliau? (Foto: Lintang Jati Rahina/20detik)
Jakarta -

Rasulullah SAW memastikan dalam sejumlah haditsnya bahwa segala penyakit pasti ada penawarnya. Salah satunya dalam hadits berikut ini,

لِكُلِّ دَاءٍ دَوَاءٌ، فَإِذَا أُصِيْبَ دَوَاءُ الدَّاءِ بَرَأَ بِإِذْنِ اللهِ

Artinya: "Semua penyakit ada obatnya. Apabila sesuai antara obat dan penyakitnya, maka (penyakit) akan sembuh dengan izin Allah SWT." (HR Muslim).

Mengutip dari buku Majalah Kesehatan Muslim: Antara Tawakal dan Pengobatan Edisi III karya Arif Rahman Mansur, dkk, sejumlah ulama juga meyakini bahwa hadits tersebut dapat bermakna perintah untuk berobat, sebagai bentuk tawakal ketika sedang menderita suatu penyakit.

Melalui haditsnya, Rasulullah SAW juga melarang obat yang berasal dari khobits atau haram dan kotor (HR Abu Daud dan Tirmidzi).

Berkenaan dengan obat untuk menyembuhkan penyakit, mendiang Syekh Ali Jaber turut membagikan rahasianya. Ulama berkebangsaan Arab Saudi ini menyebut ada salah satu surat dalam Al Quran yang bisa dijadikan penawar dari segala penyakit yaitu, surat Al Fatihah.

"Dan subhanallah, Al Fatihah termasuk surah yang paling dahsyat untuk menyembuhkan segala penyakit," ujar Syekh Ali Jaber, seperti yang dilihat detikcom dalam unggahan video dari channel YouTube Kajian Giga Waktu pada Kamis (25/11/2021).

Syekh Ali Jaber juga mengungkapkan bagaimana cara penerapan surat Al Fatihah sebagai obat penawar penyakit. Berdasarkan penuturannya, surat Al Fatihah dibacakan di area tubuh yang dirasa sakit sembari meletakkan tangan kanan di atas area tersebut.

"Sakit kepala, sakit gigi, sakit tangan, apapun sakitnya, letakkan tangan kanan di posisi sakit. Bisa sakit kepala, di mana tangan kanan letakkan di atas kepala atau di posisi sakitnya dan baca Al Fatihah dengan penuh keyakinan," beber dia.

"Boleh satu kali baca Al Fatihah, boleh tiga kali, boleh tujuh kali," imbuhnya lagi.

Keutamaan surat Al Fatihah sebagai obat penawar penyakit pun sebenarnya telah diungkapkan dalam salah satu firmanNya yaitu surat Al Isra ayat 82. Berikut bunyinya,

وَنُنَزِّلُ مِنَ الْقُرْآنِ مَا هُوَ شِفَاءٌ وَرَحْمَةٌ لِلْمُؤْمِنِينَ ۙ وَلَا يَزِيدُ الظَّالِمِينَ إِلَّا خَسَارًا

Artinya: "Dan Kami turunkan dari Al-Qur'an (sesuatu) yang menjadi penawar dan rahmat bagi orang yang beriman, sedangkan bagi orang yang zalim (Al-Qur'an itu) hanya akan menambah kerugian."

Selain membaca surat Al Fatihah, diriwayatkan dari istri Rasulullah SAW, Aisyah RA, mengatakan bahwa Rasulullah SAW juga mengusapkan bagian yang sakit dengan tangan kanan sembari membaca sebuah doa. Berikut bacaan doa yang dikutip dari buku Untukmu Yang Sedang Sakit: Tata Cara Bersuci, Shalat, Doa & Dzikir Saat Sakit oleh Ammi Nur Baits, S.T., B.A,

اللَّهُمَّ رَبَّ النَّاسِ أَذْهِبِ الْبَأْسَ اشْفِ أَنْتَ الشَّافِي لَا شَافِيَ إلَّا أَنْتَ شِفَاءً لَا يُغَادِرُ سَقْمًا

Bacaan latin: Allaahumma rabban naasi, adzhibil ba'sa. Isyfi. Antas syaafi. Laa syaafiya illā anta syifaa'an lā yughaadiru saqaman.

Artinya: "Tuhan segala manusia, hilangkanlah penyakit. Sembuhkanlah, Engkaulah penyembuh. Tidak ada penawar selain dari penawar-Mu, penawar yang menghabiskan sakit dan penyakit." (HR Bukhari dan Muslim).

(rah/row)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT