ADVERTISEMENT

Warga di Pekanbaru Protes Usaha Rugi Gegara Proyek IPAL Tak Kunjung Tuntas

Raja Adil Siregar - detikNews
Senin, 20 Des 2021 12:07 WIB
Warga protes proyek IPAL (Raja Adil Siregar-detikcom)
Foto: Warga protes proyek IPAL (Raja Adil Siregar-detikcom)
Pekanbaru -

Warga di Pekanbaru, Riau melakukan protes terhadap proyek Instalasi Pengelolaan Air Limbah (IPAL) yang tak kunjung tuntas. Warga protes karena merasa usaha mereka merugi gara-gara proyek itu.

Pantauan detikcom, Senin (20/12/2021), warga menggelar aksi protes proyek IPAL di Jalan Rajawali, Sukajadi, Pekanbaru. Warga menanam pohon pisang dan membentang spanduk sebagai bentuk protes.

"Proyek tidak jelas, menyusahkan masyarakat saja. Usaha kami rugi, Pemko buta," tulis salah satu spanduk yang dipasang warga di lokasi proyek.

Seorang warga, Mistam, mengatakan protes itu dilakukan karena proyek IPAL itu sudah berjalan selama 11 bulan proyek namun tak kunjung selesai. Dia mengatakan usaha yang berada di sekitar IPAL lumpuh total karena warga tak dapat melintas di lokasi.

"Sudah 11 bulan proyek ini tidak selesai. Sudah 7 bulan usaha kami lumpuh, omset turut antara 80-90 persen," kata Mistam.

Mistam mengatakan warga tak bisa melintas karena jalan rusak dan berlumpur akibat proyek IPAL. Mereka menilai pihak yang mengerjakan proyek tidak pernah memberi kompensasi kepada warga setempat.

"Mereka tidak pernah turun melihat pekerjaan ini. Ini kami masyarakat sudah menderita, ada 20 lebih tempat usaha mati," katanya.

Warga protes proyek IPAL (Raja Adil Siregar-detikcom)Warga protes proyek IPAL (Raja Adil Siregar-detikcom)

Dia juga menyebut ada beberapa ruko yang sudah 7 bulan kosong. Menurutnya, tidak ada warga mau menyewa ruko mereka karena usaha tidak laku.

"Lihat lah semua tempat usaha, tidak ada pembeli. Sudah puluhan tahun berjualan di sini, baru kali ini menderita, 7 bulan sudah ruko tidak ada yang sewa," katanya.

Simak selengkapnya di halaman selanjutnya.



ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT