Andre Rosiade Jadi Anggota Parlemen Muda Terpopuler Versi Survei

Atta Kharisma - detikNews
Senin, 20 Des 2021 11:58 WIB
Andre Rosiade
Foto: Andre Rosiade
Jakarta - Nama anggota parlemen muda Gerindra, Andre Rosiade, muncul sebagai nama parlemen muda yang paling populer pada hasil survei yang diselenggarakan oleh Poligov. Survei tersebut juga menunjukkan Gerindra memperoleh elektabilitas 19,9%, menempatkannya di posisi ke-2 setelah PDIP yang memiliki elektabilitas 27,4%.

Kendati kini menjadi partai pendukung pemerintah, Gerindra masih harus menghadapi kritikan dari pendukung Prabowo di 2019 yang masih tidak setuju dengan keputusan tersebut. Namun peran aktif kader muda yang saat ini duduk di DPR menjadi salah satu faktor yang menjadikan Gerindra tetap tidak kehilangan basis pendukungnya.

Menurut kajian Poligov, parlemen muda Gerindra memegang peranan yang sangat penting. Direktur Eksekutif Poligov, Tri Andika mengatakan Gerindra menerapkan pembagian peran antara kader muda dan kader senior.

"Kalau diamati, di Gerindra semacam ada pembagian peran yang alamiah antara kader senior dan kader muda. Kader senior yang merespons isu-isu politik, sementara kader muda fokus dalam merespons isu-isu yang sifatnya kebijakan," ungkapnya dalam keterangan tertulis, Senin (20/12/2021).

Sebagai contoh, Andika menyebut Andre jarang berbicara tentang isu politik di media, namun kerap mengangkat soal kebijakan.

"Hal ini salah satunya dapat dilihat dari aktivitas Andre Rosiade yang secara rutin mempublikasikan pernyataan dan komentarnya pada saat sidang komisi melalui kanal sosial medianya. Andre sedikit sekali bicara isu politik di media. Namun banyak mengangkat isu kebijakan," tuturnya.

Andika pun mengatakan hal tersebut berpengaruh dalam meningkatkan popularitas Andre yang juga memiliki latar belakang artis atau public figure.

"Dan menurut saya ini sangat berpengaruh terhadap tingkat popularitas Andre Rosiade yang notabenenya tidak memiliki latar belakang artis atau public figure. Berbeda dengan Mulan Jameela, meski tidak sering menyampaikan pernyataan publik, namun masyarakat telah mengenalnya karena faktor latar belakangnya sebagai artis," paparnya.

Dari sekitar 23 parlemen muda Gerindra, dengan kategori di bawah usia 45 tahun, lima nama terpopuler adalah Andre Rosiade (18,5%), Mulan Jameela (16,3%), Ali Zamroni (12,3%), Bambang Haryadi (8%), serta Andika Pandu dan Sugiono yang sama-sama memperoleh (4,2%).

Jika diperluas ke seluruh anggota parlemen Gerindra, tidak hanya yang di bawah 45 tahun, Andre Rosiade juga menempati posisi ke-4 sebagai Wakil Rakyat Gerindra terpopuler setelah Fadli Zon, Sufmi Dasco Ahmad, dan Ahmad Muzani.

Seabgai informasi, Poligov menyelenggarakan survei pada 22-28 November 2021 terhadap 1255 responden secara online, dengan rentang usia 17 tahun atau lebih dan margin of error sekitar ±3% pada tingkat kepercayaan 95%. (ncm/ega)