Kabar Terkini Kasus Joseph Suryadi Penghina Nabi

Eva Safitri - detikNews
Minggu, 19 Des 2021 23:45 WIB
Joseph Suryadi tersangka penodaan agama
Foto: Joseph Suryadi (dok.istimewa)
Jakarta -

Joseph Suryadi telah ditetapkan sebagai tersangka kasus penodaan agama karena menghina Nabi Muhammad SAW di grup WhatsApp. Kabar terkini, polisi memastikan tidak ada member lain yang melakukan penghinaan.

"Jadi fokusnya kepada orang yang lakukan penghinaan, yaitu Joseph Suryadi seorang. Adapun member lain dia tidak ada lakukan penghinaan," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Endra Zulpan saat dihubungi, Minggu (19/12/2021).

Polisi telah mengetahui seluruh member di grup WhatsApp tersebut. Zulpan memastikan hanya Joseph yang melakukan provokasi di grup WhatsApp tersebut.

"Sudah sudah (diketahui). Tapi hanya dia (Joseph) yang memprovokasi gitu. Tapi yang lain tidak menanggapi ya," jelasnya.

Penghinaan Terjadi Ketika Saling Hujat Antaranggota Grup

Polisi mengungkap Joseph Suryadi diduga mengirim pesan berisi hinaan terhadap Nabi Muhammad SAW di tengah saling hujat antaranggota grup.

"Di grup (WhatsApp) itu memang sering hujat-menghujat," kata Kasubdit Siber Ditreskrimsus Polda Metro Jaya, Kompol Rovan Richard Mahenu saat dihubungi detikcom, Jumat (17/12).

Rovan tidak menjelaskan lebih lengkap soal grup WhatsApp ini. Dari tangkapan layar yang viral di media sosial, grup itu bernama 'Kedai Kopi Indonesia'.

"(Grup) pertemanan saja," ucapnya.

Polisi masih mendalami isi percakapan di grup WhatsApp berisi Joseph Suyadi tersebut. Polisi juga mendalami awal mula percakapan di grup yang membuat Joseph Suryadi mengirim chat berisi hinaan terhadap nabi.

"Masih didalami (awal mula percakapan Joseph Suryadi hina nabi)," tuturnya.

Simak video 'Temukan HP Joseph Suryadi, Polisi Pastikan Jejak Digital Belum Terhapus':

[Gambas:Video 20detik]



Simak selengkapnya di halaman berikut