Terpopuler Sepekan

Tentang Joseph Suryadi: Dari Chat Hina Nabi hingga Bohong Ponsel Hilang

Tim detikcom - detikNews
Minggu, 19 Des 2021 12:01 WIB
Joseph Suryadi tersangka penodaan agama
Joseph Suryadi (dok. Istimewa)
Jakarta -

Joseph Suryadi menjadi tersangka ujaran kebencian terkait SARA karena mengirim chat hinaan terhadap Nabi Muhammad SAW. Sebelum mengakui perbuatannya, Suryadi sempat berbohong ponselnya hilang.

Semua bermula ketika Joseph Suryadi terlibat dalam obrolan di sebuah grup WhatsApp. Polisi mengungkap Joseph Suryadi diduga mengirim pesan berisi hinaan terhadap Nabi Muhammad SAW di tengah saling hujat antaranggota grup.

"Di grup (WhatsApp) itu memang sering hujat-menghujat," kata Kasubdit Siber Ditreskrimsus Polda Metro Jaya, Kompol Rovan Richard Mahenu saat dihubungi detikcom, Jumat (17/12).

Rovan tidak menjelaskan lebih lengkap soal grup WhatsApp ini. Dari tangkapan layar yang viral di media sosial, grup itu bernama 'Kedai Kopi Indonesia'.

"(Grup) pertemanan saja," ucapnya.

Polisi masih mendalami isi percakapan di grup WhatsApp berisi Joseph Suyadi tersebut. Polisi juga mendalami awal mula percakapan di grup yang membuat Joseph Suryadi mengirim chat berisi hinaan terhadap nabi.

"Masih didalami (awal mula percakapan Joseph Suryadi hina nabi)," tuturnya.

Suryadi Keluar dari Grup

Selain itu, kini tengah mencari member lain yang terlibat dalam percakapan saling hujat itu. Sementara Joseph Suryadi sudah keluar dari grup tersebut.

"(Member lain) sedang didalami, karena dia (Joseph Suryadi) sudah left group," ujar Kompol Rovan Richard Mahenu.

Rovan mengatakan pihaknya belum mengetahui ada berapa member di grup WhatsApp tersebut. Joseph Suryadi juga disebutkan telah menghapus grup WhatsApp setelah keluar dari grup tersebut.

"Sudah dihapus (grupnya). Kita lagi cari anggota grup,"tuturnya.

Simak Video: Temukan HP Joseph Suryadi, Polisi Pastikan Jejak Digital Belum Terhapus

[Gambas:Video 20detik]