Resmikan Hetero Space Solo, Ganjar Harap Muncul Entrepreneur Baru

Angga Laraspati - detikNews
Minggu, 19 Des 2021 21:07 WIB
Gubernur Jateng Ganjar Pranowo
Foto: Sahabat Ganjar
Jakarta -

Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo meresmikan Hetero Space di Surakarta. Ganjar menyebut kehadiran Hetero Space tersebut untuk menyiapkan entrepreneur baru.

"Kalau sudah kita siapkan itu, harapan kita ya akan muncul entrepreneur-entrepreneur baru yang mudah-mudahan kemudian start up-nya bisa tumbuh," ujar Ganjar dalam keterangan tertulis, Minggu (19/12/2021).

Ganjar menyebut Hetero Space Solo berdiri di atas lahan seluas 1.500 meter persegi. Beberapa fasilitas yang ada di dalamnya seperti komunal area, makerspace, private office, meeting room, studio, event space, hingga gaming area.

"Tinggal dimanfaatkan saja. Jadi boleh, boleh bertukar pikiran, diskusi, boleh kolaborasi, boleh mencoba mencari akses permodalan gitu. Termasuk bagaimana kemudian ada pendampingan-pendampingan yang kita siapkan dari pemerintah," ucap Ganjar.

Acara peresmian ini turut dihadiri Wali Kota Surakarta, Gibran Rakabuming Raka. Acara tersebut dimeriahkan berbagai kegiatan seperti talkshow, pameran UMKM, pentas seni, pameran lukisan, dan bootcamp untuk perusahaan rintisan atau startup.

Sebagai informasi, Hetero Space diinisiasi Ganjar Pranowo dan pertama kali berdiri di Semarang pada 2020 lalu. Kini, tempat tersebut sudah membina sekitar 3.000 UMKM.

Mereka dibina agar dapat melek teknologi dan cakap dalam memanfaatkan kecanggihan dunia maya. Sementara, di bidang usaha rintisan atau startup, ada sekitar 1.000 usaha yang dibina.

(ega/ega)